Layar Raksasa Jatuh di Konser Mirror Diakibatkan Kelalaian

Layar Raksasa Jatuh di Konser Mirror Diakibatkan Kelalaian

JawaPos.com – Insiden jatuhnya layar raksasa dan kemudian menimpa 2 orang penari dalam konser boy band Mirror pada Kamis (28/7) malam lalu diduga terjadi akibat kelalaian manusia. Hal itu dibuktikan dengan adanya temuan satu dari dua kabel logam yang terhubung pada layar raksasa putus selama pertunjukan. Diduga pengunci kabel logam tidak terpasang dengan baik.

Louis Szeto Ka-sing, mantan ketua divisi mekanik dari Hong Kong Institute of Engineers mengatakan bahwa kabel logam yang terhubung ke monitor seharusnya dapat menanggung beban tambahan 25 persen dari berat layar. Dia pun curiga insiden jatuhnya layar raksasa terjadi lantaran penguncinya tidak terpasang dengan baik.

“(Monitor) Harusnya tetap tergantung jika memang kuncinya berfungsi. Harusnya ada beberapa instalasi pengalaman yang dapat mengontrol jatuh karena salah satu kabel logam masih menempel saat layar raksasa jatuh,” katanya dikutip dari South China Morning Post.

Szeto juga mengatakan, tim teknis instalasi seharusnya dapat mengantisipasi kejatuhan layar raksasa secara manual sekalipun penguncinya tidak bekerja dengan baik. Sebab hal ini seharusnya dapat termonitor lewat sistem dalam komputer.

Hal senada juga diungkapkan Lo Kok-keung, mantan insinyur dari Universitas Politeknik Hong Kong. Dia mempertanyakan apakah tim yang memasang layar raksasa sudah menerapkan prosedur standar pengamanan dengan baik atau tidak.

Dia bahkan menyarankan dilakukan standar pengamanan berlapis supaya kejadian serupa tidak kembali terulang. “Mereka harus menambahkan rantai pengaman ketiga ke layar untuk mencegah kecelakaan terjadi lagi di masa depan. Meskipun tidak diwajibkan oleh undang-undang, mereka harus melakukannya sebagai perlindungan ekstra, ”katanya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Abdul Rahman


Credit: Source link

Related Articles