Ladies, Stres Percepat Penuaan Dini, Kenali Gejala dan Solusinya

Ladies, Stres Percepat Penuaan Dini, Kenali Gejala dan Solusinya

JawaPos.com – Usia belum lanjut, tetapi sudah keriput. Penuaan dini saat ini semakin mudah muncul karena berbagai faktor. Stres, paparan polusi, sinar matahari, semua itu mendorong seseorang terlihat lebih tua dibanding usianya.

Dokter Spesialis Kulit dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK dari Klinik Bamed menjelaskan, usia produktif memiliki rentang usia 15-64 tahun. Stres psikis dapat mempercepat proses penuaan dini.

“Pajanan sinar matahari berlebih, pajanan sinar biru dari layar komputer atau lampu ruangan juga dapat menyebabkan proses penuaan berupa warna kulit tidak merata hingga munculnya flek,” katanya dalam webinar baru-baru ini.

Oleh karena itu, kata dia, peremajaan kulit tidak hanya diperlukan saat seseorang sudah memasuki usia lanjut. Hal ini juga sudah mulai dapat dipertimbangkan untuk individu-individu di usia produktif ini.

Menurutnya, proses peremajaan kulit sudah bisa dilakukan bila kulit sudah mulai memberikan sinyal-sinyal atau gejala penuaan dini. “Melakukan pencegahan dari proses penuaan dini akan jauh lebih baik dari mengobati, untuk itu tindakan untuk peremajaan kulit sebaiknya dilakukan sedini mungkin bila memang dirasakan perlu,” katanya.

Tanda dan Gejala Penuaan Dini

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles