Fitur Kenyamanan yang Ada Pada Face Shield dari UVEX

Fitur Kenyamanan yang Ada Pada Face Shield dari UVEX

Semua perlengkapan perlindungan diri didesain khusus untuk memproteksi diri dari bahaya terkait profesi. Salah satu APD, yaitu pelindung muka atau face shield.

Penggunaan alat pelindung wajah untuk pekerja pakai pada kondisi lapangan kerja berupa pengelasan, laboratorium, konstruksi, dan lain-lain.

Kegunaan alat pelindung muka adalah untuk memproteksi mata dan wajah dari paparan langsung hal-hal yang membahayakan, seperti percikan bunga api pada saat pengelasan atau terkena bahan kimia.

Selain itu, alat ini juga memproteksi dari partikel yang terbawa di air atau udara (debu), melindungi muka dari benturan benda tajam dan keras seperti potongan kayu, berkas cahaya, juga radiasi gelombang elektromagnetik (sinar UV, inframerah).

Pelindung Wajah UVEX PHEOS

Fitur Kenyamanan yang Ada pada Face Shield dari UVEX
Photo by engin akyurt on Unsplash

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari face shield maka perlu alat yang benar-benar berkualitas. Salah satu produk tersebut adalah UVEX Pheos untuk proteksi terhadap sinar UV tinggi.

Pelindung wajah ini siap pakai dengan desain yang ergonomis, modular, dan adaptif. Di sisi lain, alat pelindung muka ini juga bisa Anda kombinasikan dengan helm safety.

Sementara untuk memberikan perlindungan maksimal, Pheos menerapkan sistem yang fleksibel juga inovatif.

Dudukan kepalanya dapat disetel menyesuaikan dengan kepala, seperti lingkar kepala besar sehingga Anda tidak perlu khawatir pelindung wajah akan kekecilan.

Kemudian, pelindungnya dilengkapi dengan visor yang antikabut dan antigores.

Dengan pilihan pemasangan cerdas dan komponen yang dapat Anda ganti apabila rusak, Pheos sangat aplikatif dan pas untuk Anda gunakan dalam berbagai kebutuhan.

Spesifikasi UVEX Pheos

Selengkapnya, berikut spesifikasi UVEX Pheos.

Standar Keamanan EN 166 dan EN 170
Warna Hitam
Lapisan UVEX Supravision Excellence
Warna Lensa Clear atau bening tanpa warna
Fitur Lensa Antikabut, antigores, dan tahan terhadap zat kimia
Proteksi UV UV400
Ukuran 52–64 cm
Teknologi Core Coatings

1. Standar Keamanan

Ada dua standardisasi yang tersemat dalam pelindung muka ini, yaitu EN 166 dan EN 170. Baik EN 166 atau EN 170 merupakan standar Eropa.

· DIN EN 166

EN 166 menjelaskan berbagai syarat untuk produksi pelindung mata pribadi, seperti standardisasi lensa dan bingkainya.

Untuk lensanya, terdiri dari lensa pengaman dan lensa dengan efek filter.

Selain itu, dalam label EN 166 juga tercantum: kelas perlindungan (untuk filter), simbol produsen, kelas optik (kecuali lensa tambahan), tanda kekuatan mekanis dan ketidakpatuhan logam cair, juga sertifikasi.

· DIN EN 170

Kemudian ada standar keamanan DIN EN 170, yaitu standar yang menjelaskan tentang filter ultraviolet.

Apabila lensa terlalu lama terpapar langsung dengan sinar UV dapat menghilangkan transparansi lensa. Apabila hal ini terjadi maka mata bisa terganggu dan efek paling parah adalah kehilangan penglihatan.

Namun, filter ini kurang cocok untuk pengelasan. Karena tidak dapat memproteksi dari bunga atau busur api, baik langsung maupun tidak.

· Sertifikasi

Pada UVEX Pheos, sertifikasi yang tercantum adalah W 166 39 B CE – 2C-1,2 W1 B 9 KN CE.

· Teknologi

UVEX Pheos mengadaptasi teknologi core coatings. Teknologi ini pelapis ini yang digunakan ialah UVEX Supravision Excellence.

Dengan lapisan ini membuat lensa memiliki atribut antikabut minimal 16 detik pada bagian dalamnya. Sementara bagian luarnya tahan terhadap goresan dan material kimia.

Pelapis bebas kabut ini bersifat permanen. Selain itu, lensanya mudah untuk Anda  bersihkan karena ada dampak bersih nano. Di sisi lain, lensanya tidak mudah kotor.

Fitur Face Shield UVEX Pheos

Selanjutnya adalah fitur-fitur yang ada pada UVEX Pheos. Semua kombinasi yang ada pada UVEX Pheos mampu menciptakan kenyamanan juga kerja maksimal. Untuk memudahkan Anda mempelajarinya, berikut tiga fitur faceguard UVEX.

1. Fitur Umum Pelindung Mata dan Wajah UVEX Pheos

Ini adalah pelindung wajah siap pakai atau kombinasi dengan helm pengaman yang bervisor polikarbonat yang kokoh. Lensa polikarbonatnya mempunyai ketebalan 2,2 mm.

Sementara bingkainya terbuat dari material ABS atau acrylonitrile butadiene styrene yang merupakan polimer organik pembentuk plastik yang mempunyai daya tahan cukup kuat.

ABS mudah dibentuk dan memiliki keawetan cukup baik. Daya resistensinya juga baik, tahan terhadap panas. Di sisi lain, bahan ini antigores dan dapat didaur ulang.

Selain itu, UVEX ini bisa Anda gunakan pada area aplikasi 3 atau cairan dan 9 atau logam cair juga padatan bersuhu tinggi.

Visornya memiliki posisi penguncian yang dapat berpindah memakai pegas sehingga ketika Anda tarik ke atas dan letakkan di sana, pusat gravitasi akan terkumpul di tengah. Hal ini mendorong postur alami dan menghindari otot leher tegang.

Kemudian desainnya yang ramping memungkinkan Anda untuk leluasa bergerak. Sementara untuk bagian lehernya, ada penyangga UVEX Spider yang tingginya dapat Anda sesuaikan untuk ukuran kepala dari 52–64 cm.

Selain itu, spare part-nya dapat Anda ganti, mulai dari lensa, harnes suspensi, hingga kain sebagai penyerap keringat.

2. Fitur Proteksi

Perlindungan yang ditawarkan oleh UVEX Pheos adalah pelindung mata dan filter UV400.

3. Fitur Kenyamanan

Terakhir, ada fitur kenyamanan. Fitur ini bisa Anda dapatkan dari posisi penguncian visor yang bisa berubah-ubah, tetapi tidak mudah goyah. Anda pakai untuk menunduk atau mendongak, alat pelindung muka ini tetap pada tempatnya. Tidak jatuh.

Selain itu, posisi visor yang Anda tarik ke atas mampu menjaga sentral gravitasi ada di tengah sehingga tidak memicu otot leher tegang.

Kemudian, bobotnya tidak terlalu berat, 391 gram. Cukup aman untuk kepala sehingga Anda terhindar dari rasa pusing dan ketegangan otot leher. Beratnya yang tidak terlalu berat juga membuat Anda bebas bergerak.

Fitur perlindungannya memproteksi mata dan muka Anda dari cairan, partikel yang terbawa di udara, air, juga material kimia. Sementara di sisi lain, ada juga fitur perlindungan terhadap sinar ultraviolet, sehingga mata dan muka terlindung dari bahaya-bahaya akibat hal-hal tersebut.

Di sisi lain, alat pelindung muka ini juga bisa dikombinasikan dengan aksesoris lain. Contoh earmuff, kacamata, dan helm pengaman.

Terakhir, sistem penyetelannya lebar bervariabel sehingga memudahkan Anda untuk memisahkan atau mengatur ulang dengan satu tangan.

Cara Perawatan Face Shield UVEX Pheos

Fitur Kenyamanan yang Ada pada Face Shield dari UVEX-Andalannews
Photo by engin akyurt on Unsplash

Selain intensitas dan durasi pemakaian, kondisi tertentu juga memengaruhi kualitas proteksi face shield.

Contohnya Anda yang bekerja di area yang mengandung paparan tertentu seperti bahan kimia cair, logam cair, lokasi berangin kencang, gas, uap, atau radiasi cahaya. Kondisi tempat kerja seperti ini juga berpengaruh pada kualitas dan umur penggunaan.

Faktor-faktor lainnya, yaitu:

  • partikel atau serpihan beterbangan, seperti debu, pasir, kayu, dan lain-lain,
  • cara penggunaan yang tidak sesuai fungsi juga spesifikasinya, dan
  • dampak dari kecerobohan atau kesalahan, seperti salah pemakaian, terjatuh, tergores, dan terbentur.

Oleh karena itu, alat pelindung diri membutuhkan perawatan khusus dan inspeksi rutin demi menjaga kualitas perlindungannya.

Lalu, bagaimana merawatnya?

1. Pembersihan

Umumnya, produsen face shield akan menyediakan cairan khusus untuk memudahkan pembersihan.

UVEX pun demikian. Anda bisa menggunakan cairan pembersih UVEX. Cairan ini serbaguna alias bisa Anda pakai untuk membersihkan semua produk UVEX.

Apabila Anda kehabisan cairan ini, Anda bisa memakai air bersih. Namun, cuci di air mengalir, kemudian segera bersihkan lensa apabila terkena noda atau bahan kimia.

Terakhir, gunakan lap microfiber atau bertekstur lembut untuk mengelapnya dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

2. Perawatan

Selain itu, perawatan ini juga bisa Anda terapkan agar Pheos Anda makin awet dan berumur panjang. Berikut beberapa cara merawatnya:

  • Periksa secara rutin perlengkapan yang Anda gunakan. Hal ini untuk mendeteksi sedini mungkin kerusakan yang menyebabkan penurunan performa,
  • Segera bersihkan lensa setelah penggunaan. Gunakan cairan khusus atau air bersih. Hindari pengusapan yang kasar karena bisa merusak lapisan dalam lensa,
  • Hindarkan visor dari timbulnya goresan karena mampu mengganggu penglihatan juga menurunkan kinerja alat perlindungan mata dan wajah,
  • Ganti suku cadang apabila terjadi kerusakan. Jadi, selain bisa memadukan dengan aksesoris UVEX lain, Anda bisa membeli suku cadangnya juga untuk penggantian kerusakan,
  • Terakhir, hindari penggantian suku cadang dari produsen lain karena bisa menurunkan kinerja. Dengan mengganti spare part dari produsen yang sama, Anda telah menjaga kinerja optimalnya.

3. Penyimpanan

Apabila sudah tidak Anda pakai, Anda bisa menyimpannya di lemari khusus dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

Adanya lemari khusus menghindarkan Anda dari berbagai hal yang mungkin menurunkan performanya, seperti terjatuh, tergores, atau terbentur.

Kemudian, pastikan suhunya suhu normal ruangan. Tidak lembab atau ekstrem karena bisa memicu jamur atau merusak fungsi lainnya.

Terakhir, sebelum menggunakan pelindung wajah yang sudah Anda simpan lama, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau tidak. Hal ini untuk meminimalisir cedera karena kerusakan alat.

Aksesoris Tambahan untuk Face Shield UVEX

Tanpa aksesoris tambahan, APD memiliki daya perlindungan yang terbatas. Oleh karena itu, kelengkapan alat perlindungan diri sangatlah penting.

Seperti pelindung wajah Pheos, ini bisa Anda kombinasikan dengan helm pengamanan, pelindung leher, dan earmuff.

Dan Anda pun bisa mendapatkan aksesoris tersebut di UVEX. Mulai dari helm pengaman, senter kepala, slot untuk pena atau pensil, dan lain-lain.

Produk-Produk Face Shield K3 dari UVEX

Selain faceguard Pheos dengan proteksi sinar UV, ada juga dua produk face shield K3 lain, yaitu.

1. Faceguard UVEX Pheos dengan Perlindungan Telinga

Kemudian, ada juga faceguard UVEX Pheos yang sudah terpasang dengan perlindungan telinga. Ini juga siap pakai dan bisa Anda kombinasikan dengan aksesoris lain. Untuk spesifikasi tidak jauh berbeda dengan penjelasan di atas, bedanya, produk ini sudah ada penutup telinganya.

Untuk penutup telinga menggunakan UVEX K1P SNR: 28 dB, H: 34 dB, M: 25 dB, L: 18 dB.

2. Pelindung Wajah UVEX Pheos Jaring dengan Proteksi Pendengaran

Produk Pheos dengan jaring ini sangat pas untuk Anda yang bekerja di kehutanan, hortikultura, kegiatan di luar ruangan, juga memotong benda.

Visornya terbuat dari baja yang antikarat berbentuk jaring berlubang kecil, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan tembusnya benda ke muka dan mata.

Di sisi lain, Anda bisa langsung menggunakannya juga bisa Anda kombinasikan dengan aksesoris lain.

Kesimpulan

Dengan solusi alat perlindungan diri yang lengkap, UVEX hadir dengan Pheos untuk proteksi mata dan wajah dengan desain yang sporty, tetapi pengamanan optimal menciptakan kenyamanan dan keamanan tiada banding.

Di sisi lain, face shield ini juga tersedia aksesoris tambahan juga suku cadangnya sehingga Anda tidak perlu bingung hendak mencari produk pelengkapnya.

 

Baca Juga: Survei Sebut Belanja Masker Medis Paling Laris Saat Pandemi Covid-19

 

kacamata pelindung | masker n95 | helm proyek | kacamata pengaman | sarung tangan kerja | sepatu karet | safety respirator | sarung tangan safety | kacamata safety | safety glasses | safety helmet | ear muff | penutup telinga | harga sepatu safety | safety gloves | safety shoes | alat perlindungan diri | baju safety | pelindung mata | masker safety | earmuff safety | kacamata las | sepatu safety | earplug | faceshield | sepatu boots | sarung tangan karet | kacamata google | pelindung wajah | masker respirator

 

UVEX SAFETY SINGAPORE PTE LTD

Representative Office Indonesia

Pondok Indah Office Tower 3, 17th Floor, Jl. Sultan Iskandar Muda, Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta 12310, INDONESIA

T: +62 811 868 8887

E: [email protected]

I: uvex-safety.co.id/id

 

 

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Apa fitur umum pelindung mata dan wajah UVEX Pheos?” answer-0=”Ini adalah pelindung wajah siap pakai atau kombinasi dengan helm pengaman yang bervisor polikarbonat yang kokoh. Lensa polikarbonatnya mempunyai ketebalan 2,2 mm. Sementara bingkainya terbuat dari material ABS atau acrylonitrile butadiene styrene yang merupakan polimer organik pembentuk plastik yang mempunyai daya tahan cukup kuat. ABS mudah dibentuk dan memiliki keawetan cukup baik. Daya resistensinya juga baik, tahan terhadap panas. Di sisi lain, bahan ini antigores dan dapat didaur ulang.” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Bagaimana cara menyimpan face shield UVEX Pheos?” answer-1=”Apabila sudah tidak Anda pakai, Anda bisa menyimpannya di lemari khusus dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Adanya lemari khusus menghindarkan Anda dari berbagai hal yang mungkin menurunkan performanya, seperti terjatuh, tergores, atau terbentur. Kemudian, pastikan suhunya suhu normal ruangan. Tidak lembab atau ekstrem karena bisa memicu jamur atau merusak fungsi lainnya. Terakhir, sebelum menggunakan pelindung wajah yang sudah Anda simpan lama, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau tidak. Hal ini untuk meminimalisir cedera karena kerusakan alat.” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Apa aksesoris tambahan untuk face shield UVEX Pheos?” answer-2=”Tanpa aksesoris tambahan, APD memiliki daya perlindungan yang terbatas. Oleh karena itu, kelengkapan alat perlindungan diri sangatlah penting. Seperti pelindung wajah Pheos, ini bisa Anda kombinasikan dengan helm pengamanan, pelindung leher, dan earmuff. Dan Anda pun bisa mendapatkan aksesoris tersebut di UVEX. Mulai dari helm pengaman, senter kepala, slot untuk pena atau pensil, dan lain-lain.” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]

Related Articles