Serial Yang Hilang dalam Cinta Angkat Isu Toxic Relationship

Serial Yang Hilang dalam Cinta Angkat Isu Toxic Relationship

Di tengah persiapan pernikahannya, hubungan Dara (Sheila Dara Aisha) dan Rendra (Reza Rahadian) ditimpa badai. Pertengkaran hebat yang terjadi di antara mereka mengakibatkan sesuatu tak terduga terjadi pada Dara. Dia menghilang.

KABAR pernikahan Rendra dan Dara menjadi berita buruk bagi Satria (Dion Wiyoko) yang sudah lama memendam cinta kepada Dara. Bahkan saat masih anak-anak, keduanya telah berjanji untuk menikah. Sayang, kondisi tidak berpihak kepada mereka.

Satria dan Dara harus berpisah karena keadaan. Sampai akhirnya mereka dipertemukan lagi ketika dewasa. Pada saat Dara tengah sibuk mempersiapkan hari bersejarahnya. Satria harus berlapang dada menerima cinta pertamanya akan menikah dengan pria lain.

Di balik itu semua, diam-diam Dara juga menyimpan luka batin. Hal itu tak lain disebabkan sikap Rendra yang temperamental dan suka mengatur. Mendekati hari bahagia, Dara justru semakin dilema dengan hubungannya yang toksik.

Pertengkaran yang terjadi di antara mereka mengakibatkan Dara menghilang secara misterius. Bukan kabur, melainkan luput dari pandangan orang-orang. Rendra tidak bisa melihat ataupun mendengar suara sang kekasih.

Sementara itu, Dara bisa melihat ataupun mendengar suara orang-orang. Namun, tidak bisa menyentuh barang-barang yang ada di sekitarnya. Hanya Satria yang bisa berinteraksi dengannya. Meski orang-orang menganggapnya berhalusinasi, Satria tetap berupaya meyakinkan orang-orang. Mencari cara agar Dara bisa kembali terlihat dan hidup normal.

Sutradara Yandy Laurens menuturkan, serial pertamanya berjudul Yang Hilang dalam Cinta (YHDC) itu terinspirasi dari kisah nyata rekannya yang terlibat toxic relationship. ’’Ini bercerita tentang toxic relationship, juga perjalanannya dan dilema-dilema yang terjadi,’’ kata Yandy saat konferensi pers virtual.

Dia menyadari bahwa masalah tersebut sering terjadi sekarang ini. Melalui series ini, peraih Piala Citra kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik lewat film Keluarga Cemara tersebut ingin mengingatkan buruknya efek toxic relationship.

Kendati demikian, Yandy juga paham bahwa terlepas dari hubungan beracun tidak mudah. ’’Semakin digali dan dibicarakan, saya menemukan kondisi teman saya yang kehilangan dirinya karena terus dibuat tak berdaya dan bergantung sama pacarnya,’’ tutur Yandy.

Dia menyebut, menggarap YHDC tidak semudah yang terlihat. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk mematangkan segala elemen yang ada agar serialnya lebih ’’hidup’’. Mulai cerita hingga pemilihan para pemeran. ’’Kalau beban skrip dan produksi seperti mengerjakan tiga film sekaligus,’’ kata Yandy.

YHDC merupakan serial TV pertama yang digarap Yandy. Sebelumnya dia dikenal sebagai penggarap web series untuk sejumlah produk. Di antaranya, Sore: Istri dari Masa Depan (2017), Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode (2018), Janji (2019), dan Perjalanan Terbaik Sepanjang Masa (2022).

Karakter Yandy dalam menggarap web series begitu kuat menempel di YHDC. Alur melaju cepat ditimpahi sejumlah kisah masa lalu, cerita yang membumi, karakter pemain yang kuat, dan tentu saja pengambilan gambar yang indah.

Sementara itu, Sheila menyatakan bahwa YHDC tak hanya mengisahkan tentang cinta segitiga. Selain karena dibalut fantasi, YHDC juga mengingatkan pentingnya mengenal diri sendiri. Dia pun tak menampik ada beberapa kesamaan antara dirinya dan Dara. ’’Kami sama-sama memendam perasaan untuk menghindari konflik. Padahal, memang sudah seharusnya disampaikan, tapi akhirnya tidak diungkapkan,’’ papar istri Vidi Aldiano itu.

TAHUKAH ANDA?

– Skenario ditulis 1,5 tahun lalu oleh Yandy Laurens.

– Diadaptasi dari kisah nyata curhatan teman Yandy Laurens tentang hubungan toksik.

– Syuting pada masa pandemi, para kru dan cast menetap di hotel selama dua bulan.

– Dion Wiyoko suka bikin kopi di sela-sela break syuting, sementara Sheila Dara memilih tidur.

 


Credit: Source link

Related Articles