Hadiri Upacara di Istana, Wapres Kenakan Pakaian Adat Bant

Hadiri Upacara di Istana, Wapres Kenakan Pakaian Adat Bant

JawaPos.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Istri, Wury Estu Handayani menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8). Dalam kesempatan ini, Wapres Ma’ruf Amin dan Wury mengenakan pakaian adat dari Provinsi Banten, yang merupakan daerah kelahirannya.

Ma’ruf Amin tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.45 WIB, Ma’ruf tampak elegan mengenakan pakaian adat tanah kelahirannya, yang terdiri atas Iket Lomar bermotif tapak kebo, baju dalam putih berkerah tinggi, jas hitam bermotif daun hanjuang emas, kain samping bermotif serupa iket, serta celana dan sepatu hitam.

Sementara, Wury juga tampak anggun mengenakan kebaya putih dipadu kerudung hitam berbalut putih, serta selendang dan bawahan hitam bermotif batik emas.

Dalam kesempatan ini, Ma’ruf Amin memberikan ucapan selamat dan menyampaikan pesan kepada segenap bangsa Indonesia untuk semakin merapatkan persatuan agar menjadi lebih kuat dan mampu mengatasi berbagai tantangan krisis yang mengancam.

“Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan, bersinergi dalam kerja nyata agar Indonesia tercinta segera pulih dari dampak krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat,” ucap Ma’ruf.

Ma’ruf juga mengajak bangsa Indonesia untuk kembali membangkitkan semangat dan kegigihan perjuangan para pahlawan kemerdekaan untuk mengatasi segala tantangan, meskipun tantangan yang dihadapi saat ini berbeda dengan tantangan di era penjajahan.

“Tantangan yang dihadapi para pahlawan dan pendiri bangsa saat merebut kemerdekaan memang berbeda dengan tantangan yang kita hadapi hari ini maupun di masa depan. Namun, perjuangan dan kegigihan kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan harus sama kuatnya dengan para pahlawan kemerdekaan,” tegas Ma’ruf.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi inspektur upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI menggunakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara. Kepala negara mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu padu mendukung agenda besar Indonesia Maju.

“Mari bersatu padu mendukung agenda besar pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia!,” ungkap Jokowi.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link

Related Articles