Perluas Pendengar, Alasan Delon Thamrin Terjemahkan Lagu Diana Ross

Perluas Pendengar, Alasan Delon Thamrin Terjemahkan Lagu Diana Ross

JawaPos.com – Penyanyi Delon Thamrin dan label musik Nagaswara sepakat menterjemahkan lagu berjudul When You Tell Me That You Love Me yang sukses besar di tangan penyanyi Diana Ross. Lagu ciptaan Albert Hammond dan John Bettis itu berhasil dialihbahasakan dan kini diberi judul ‘Sekarang Nanti Dan Selamanya.’

Delon Thamrin menyanyikan lagu itu dalam format duet bersama penyanyi asal Lampung bernama Ingga. Ada alasan kuat kenapa penyanyi jebolan Indonesian Idol memilih menterjemahkan lagu yang sangat populer di era 90-an itu. Dia ingin memperlebar target pendengar agar lagu menarik tersebut juga bisa dinikmati oleh masyarakat dari berbagai kelas sosial di tanah air.

“Mau memperkenalkan kelas A dan B lagunya, kalau kita pakai bahasa Indonesia bisa memperkenalkan ke kelas C, F dan di bawahnya juga akan bisa menikmati. Oh artinya ini begini,” kata Delon Thamrin di bilangan Kemayoran Jakarta, Selasa (30/8).

Proses kreatif alih bahasa lagu When You Tell Me That You Love Me menjadi bahasa Indonesia dilakukan tim dari label musik Nagaswara. Proses adaptasi liriknya dikerjakan oleh Hendy Irvan dan Hapy Harda. Delon Thamrin tidak ikut terlibat. Dia hanya menyanyikan lagunya dalam versi bahasa Indonesia.

Salah satu tantangan penggarapan lagu ‘Sekarang Nanti Dan Selamanya’ terletak pada proses perizinan. Setelah meminta izin kepada Warner Chapphel Music (WCM), ternyata juga harus meminta izin kepada Publisher Kobalt Music. Aebab lagu itu berada di bawah penguasaan 2 publisher sekaligus.

“Proses perizinan ini yang agak lama. Karena kalau tidak izin ke dua publisher sekaligus tidak akan bisa,” kata CEO Nagaswara Rahayu Kertawiguna.

Delon Thamrin mengatakan, setelah hak cipta lagunya berhasil dikantongi, tidak ada aturan khusus yang mengikat. Dia dan pihak label Nagaswara diberi kebebasan untuk mengemas ulang lagunya ke dalam bahasa Indonesia. “Terserah, yang penting kita izin, bayar. Mau mirip pun nggak ada masalah,” kata Delon Thamrin.

Menyanyikan lagu Sekarang Nanti Dan Selamanya dalam bentuk duet bersama Ingga, tidak ada kesulitan khusus mereka rasakan. Delon- Ingga mudah dekat sehingga keduanya cepat menemukan chemistry.

Membawakan lagu hit Diana Rose, menjadi beban sekaligus tantangan tersendiri bagi Delon Thamrin. Dia merasa harus menyanyikan lagunya secara sempurna.

“Tantangannya besar banget karena kalau jelek mati lah gue. Harapannya lagu ini untuk acara-acara wedding ya. Kan biasany bulan Agustus, September, Oktober banyak yang menikah, jangan lupa panggil kita berdua,” kata Delon Thamrin.


Credit: Source link

Related Articles