Selesai Pendidikan, Wapres Ma’ruf Amin Tetapkan 2.974 Personel Komcad

Selesai Pendidikan, Wapres Ma’ruf Amin Tetapkan 2.974 Personel Komcad

JawaPos.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menetapkan ribuan personel Komponen Cadangan (Komcad). Tidak kurang 2.974 komcad dari tiga matra TNI ditetapkan oleh Ma’ruf dan Prabowo.

Upacara penetapan ribuan komcad tersebut dilaksanakan di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Selain Ma’ruf dan Prabowo, turut hadir dalam upacara penetapan tersebut tiga kepala staf dari tiga matra TNI. Yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

”Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Kamis 8 September 2022 penetapan Komcad tahun 2022 saya nyatakan ditetapkan,” ungkap Ma’ruf.

Dalam laporannya, Prabowo menyampaikan bahwa ribuan komcad yang ditetapkan oleh wakil presiden hari ini sudah menjalani pendidikan dan pelatihan dasar kemiliteran. Mereka semua telah digembleng selama tiga bulan. Secara terperinci, Prabowo menyebutkan 2.974 komcad yang ditetapkan oleh wapres hari ini dilatih oleh masing-masing matra.

”Sebanyak 450 orang dilatih di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman, 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin,” bebernya.

Kemudian ada 499 digembleng di Kodikmar Surabaya, sebanyak 500 orang di Pusdiklat Kopasgat Bandung, 50 orang di Pusdik Korps Wanita Angkatan Darat, dan 475 orang Kadet Unhan di Unhan RI. Dia pun menyampaikan bahwa penetapan komcad itu merujuk pada Undang Undang Dasar RI Tahun 1945, Undang Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, dan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

”UU No. 23 Tahun 2019 telah mengamanatkan pembentukan komponen cadangan yang berasal dari unsur warga negara yang dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan,” terang Prabowo.

Komcad merupakan salah satu program Kemhan yang dilakukan untuk menambah kekuatan pertahanan negara. Anggota Komcad 2022 telah mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari pendaftaran secara sukarela, seleksi, hingga pendidikan latihan dasar kemiliteran (latsarmil) latihan pembulatan komcad di Pusdiklatpassus Kopassus.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Syahrul Yunizar


Credit: Source link

Related Articles