Dee Lestari Melepas sang Suami dengan Sempurna

Dee Lestari Melepas sang Suami dengan Sempurna

JawaPos.com – Penulis dan musisi Dewi Lestari mengantarkan sang suami ke peristirahatan terakhir. Ditemani dua buah hatinya dan keluarga yang lain, Dee –sapaan Dewi– melarung abu jenazah Reza Gunawan yang telah dikremasi, Kamis (8/9).

Setelah pelarungan di Laut Ancol, Jakarta Utara, itu selesai, Dee mengaku lega bisa melepas kepergian suami tercinta dengan sempurna. ’’Bagi saya, ini adalah rangkuman perjalanan yang sangat indah. Ya, kami berhasil merampungkan perjalanan Reza,’’ tuturnya.

Dee menuturkan, tak sedikit kejutan kecil namun membahagiakan yang dirasakannya. Mulai proses persemayaman hingga pelarungan abu jenazah. Misalnya, cuaca yang mendukung saat keluarga melarung abu jenazah Reza. ’’Banyak yang membantu dari berbagai aliran, yang membuat semuanya berjalan dengan baik,’’ ujar Dee.

Menurut dia, semua kelapangan itu merupakan buah hasil kebaikan Reza yang ditabur semasa hidup. ’’Jadi, sekarang kami sekeluarga bisa menikmatinya dengan berbagai kemudahan,’’ ucapnya.

Dee juga menjelaskan alasan pihaknya batal menyimpan abu jenazah Reza di sebuah wihara. Itu karena ikatan batin yang terjalin antara Dee dan Reza. ’’Setelah direnungkan berulang, saya juga berusaha memakai perasaan berkomunikasi secara batin dengan Reza. Dan, saya punya intuisi bahwa perjalanan Reza benar-benar selesai,’’ terangnya.

Keputusan itu juga diambil Dee atas campur tangan orang-orang di sekitarnya. Mereka sepakat melepas Reza dengan cepat demi kebaikan bersama. Dengan begitu, mendiang tak lagi memiliki ikatan yang melekat dengan perduniawian.

’’Semuanya bisa langsung beres walaupun tadi lebih sore dari biasanya, tapi cuaca mengizinkan. Memang semuanya sudah didesain sedemikian indah,’’ kata Dee. Dalam kesempatan itu, dia juga berterima kasih kepada orang-orang yang membantunya melancarkan proses pelepasan Reza.

Pakar penyembuhan holistik itu meninggal karena stroke di rumahnya di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (6/9). Reza mengembuskan napas terakhir setelah empat hari pulang dari RS. Lebih dari sebulan dia dirawat intensif akibat pendarahan.

’’Cukup intensif perawatannya. Sempat di ICU sekitar 19 hari, setelah itu rawat inap. Memang niatan saya waktu itu menjalankan home care bagi Reza,’’ papar Dee.

Berada di rumah selama empat hari, kondisi Reza melemah sekitar satu jam sebelum kematiannya. ’’Kebetulan saya sudah menelepon ambulans dan sudah dalam perjalanan. Sekitar 20 menit setelah Reza berpulang, ambulans datang,’’ jelas pencipta sekaligus pelantun lagu Malaikat Juga Tahu itu. Jenazah disemayamkan dan dikremasi di rumah duka Grand Heaven, Jakarta Utara.


Credit: Source link

Related Articles