Mulai Pekan Depan, IPA Convex 2022 Fokus Isu Pasokan dan Emisi Karbon

Mulai Pekan Depan, IPA Convex 2022 Fokus Isu Pasokan dan Emisi Karbon

JawaPos.com – Indonesian Petroleum Association (IPA) kembali menggelar Konvensi dan Pameran IPA ke-46 tahun 2022 atau IPA Convex 2022 dengan mengusung tema ‘Addressing the Dual Challenge: Meeting Indonesia’s Energy Needs While Mitigating Risks of Climate Change’ yang akan berlangsung secara hybrid pada 21-23 September 2022 di Jakarta Convention Center.

Wakil Presiden IPA, Greg Holman menjelaskan tema tersebut dipilih dengan pertimbangan kondisi sektor hulu migas Indonesia yang sedang menghadapi dua tantangan. Meliputi, pemenuhan kebutuhan energi guna mengurangi impor migas dan berkontribusi dalam upaya menurunkan emisi karbon.

Ia melanjutkan, transisi energi adalah hal yang tak dapat dihindari oleh seluruh perusahaan migas di seluruh dunia. Kesepakatan Paris yang menargetkan pengurangan emisi karbon diakui telah mengubah wajah industri hulu migas saat ini.

“Indonesia, sebagai salah satu negara yang meratifikasi Kesepakatan Paris, sedang berusaha keras untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas seluruh industri, termasuk industri hulu migas,” kata Greg dalam konferensi pers di Kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (13/9).

Lebih lanjut, Greg menyampaikan, meski dihadapkan pada tantangan pengurangan emisi karbon, namun para pelaku industri hulu migas meyakini bahwa industri hulu migas tetap diperlukan. Diantaranya untuk menunjang kebutuhan energi di masa mendatang dan sebagai jembatan menuju transisi energi.

“Kami berharap, seluruh pemangku kepentingan di industri hulu migas dapat duduk bersama mencari solusi agar target pemenuhan kebutuhan energi dan upaya mengurangi emisi karbon akibat kegiatan hulu migas dapat tercapai dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia IPA Convex 2022, Krishna Ismaputra, mengatakan acara pameran dan konvensi tahunan ini bisa dimanfaatkan para pemangku kepentingan di industri hulu migas di Indonesia dan global. Terutama untuk berdiskusi dan mencari solusi atas tiap isu atau perkembangan yang menjadi tantangan industri migas.

Dalam rangkaian acaranya, IPA Convex 2022 akan menghadirkan sejumlah pejabat yang akan menjadi pembicara. Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto, hingga Presiden Direktur PLN Darmawan Prasodjo.

Selain itu, akan juga hadir para pemimpin perusahaan migas baik nasional maupun global hingga pemberian penghargaan kepada seeorang seorang tokoh migas nasional yang sudah berkontribusi bagi kemajuan industri hulu migas nasional.

“Keberhasilan memitigasi risiko atas tantangan yang ada seperti penurunan emisi karbon dan upaya meningkatkan kegiatan eksplorasi dan produksi migas, dapat menjadikan industri hulu migas tetap berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang memiliki efek berganda serta menjaga kedaulatan energi nasional,” tuturnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link

Related Articles