Cobalah Cara ini untuk Tenangkan Bayi saat Menangis, Cukup 5 Menit

Cobalah Cara ini untuk Tenangkan Bayi saat Menangis, Cukup 5 Menit

JawaPos.com – Sering kali orang tua kesal dan marah ketika bayi terus menerus menangis. Sudah mengganti popok hingga berbagai upaya untuk menenangkan bayi, tetap saja masih menangis.

Peneliti menjelaskan tangisan bayi dapat diatasi dengan cara mudah. Caranya dengan menggendong sambil berjalan. Cara itu cukup efektif jika dilakukan selama lima menit.

Penelitian baru baru-baru ini menyoroti pendekatan sederhana tersebut. Pasalnya orang tua yang frustrasi sering kali bingung mendiamkan bayi apalagi menidurkannya, menurut laporan ScienceAlert.

Seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini, jika seseorang ingin menenangkan bayi yang menangis, duduk dengannya di lengannya mungkin tidak akan berhasil. Justru cara ini dapat meningkatkan detak jantung bayi dan membuatnya lebih rewel.

Selain itu, para peneliti penelitian menulis bahwa orang tua lebih baik membawa bayi mereka yang menangis untuk berjalan-jalan di pelukan mereka. Pendekatan ini sering menurunkan detak jantung bayi dan membantu mereka tertidur.

5 Menit Berjalan

Dalam studi mereka yang dipublikasikan di Current Biology, seperti dilansir dari Science Times, Jumat (16/9), para peneliti menjelaskan tangisan bayi ditenangkan dan cenderung tidur dengan berjalan atau menggendongnya selama lima menit. Namun, tantangan berikutnya adalah membawa bayi yang sedang tidur ke tempat tidur.

Menariknya, peserta yang duduk dengan anak mereka yang sedang tidur selama lima menit setelah berjalan membuat anak-anak mereka tetap tertidur. Bahkan sentuhan halus atau menutup pintu tidak akan membangunkan mereka.

Dari 13 bayi menangis yang tertidur dan tetap tertidur dalam salah satu penyelidikan. Sebanyak 9 diantaranya ditidurkan melalui penggunaan metode berjalan-duduk.

Penulis juga menyarankan agar pengasuh menempelkan tubuh bayi dengan pas ke tubuh mereka sendiri dan menopang kepala bayi. Mereka menambahkan bahwa jalan kaki lima menit harus berada di jalan yang datar dan jelas serta dengan kecepatan yang stabil.

Sebaiknya kurangi belokan atau pemberhentian yang tiba-tiba. Tambahkan lima menit lagi untuk duduk sebelum bayi diletakkan di tempat tidurnya.

Peneliti menegaskan tentu setiap bayi berbeda. Akan tetapi secara umum, gerakan berjalan umumnya akan menenangkan bayi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles