Bangun Reputasi dari Trust dan Kompetensi Profesi

Bangun Reputasi dari Trust dan Kompetensi Profesi

Di antara berbagai jenis profesi yang hadir di dunia ini, ada yang pasti mengiringinya. Yaitu, trust atau kepercayaan. Tak mungkin orang akan menyerahkan tugas kepada yang meragukan. Trust itu hal krusial.

MUDAHKAH mendapatkan kepercayaan? Tergantung. Apa saja yang bisa bikin seorang profesional atau sebuah jasa dipercaya?

Kualitas produk

Ini menyangkut sekeren apa produk (termasuk produk jasa) yang ditawarkan. Kelas rata-rata, unggul, unik, berbeda, kreatif, atau avant-garde (lebih canggih dari rata-rata).

Kualitas para profesional

Expertise mereka yang menjadi think tank-nya dan eksekutornya.

Kualitas layanan

Menyangkut keterandalan (reliability). Bisa diandalkan dan bikin nyaman. Kesigapan, keramahan, kecepatan, ketepatan, dan keamanannya. Selalu siap membantu persoalan pengguna jasa hingga tuntas dan puas.

Kualitas komunikasi

Cara berkomunikasi dan mengomunikasikan diri dengan elegan, klir, tidak overpromise, berkelas dalam pendekatan, dan edukatif.

Empat poin di atas adalah pilar yang harus menjadi concern utama. Termasuk bagi para pebisnis start-up. Bahkan dalam profesi-profesi yang ”individual” seperti dokter, pengacara, model, notaris, dan pembicara.

Apa yang dilakukan dalam memberikan jasa layanan profesi, jika ingin dipercaya dan dihormati secara profesional, memang harus diupayakan optimalisasinya secara militan. Hasil terbaik biasanya hanya didapat dari upaya-upaya militan. Serius, fokus, sungguh-sungguh, terus berbenah, dan terus mencari feedback untuk bertumbuh.

Yang sering membuat sebuah layanan profesi tidak bertumbuh, di antaranya:

– Tidak punya visi doing and giving the optimized service.

– Sudah merasa keren dan cukup.

– Terlalu percaya diri dengan produk.

– Tidak berupaya mencari masukan-masukan penting.

– Kurang militan dalam berbenah.

Jika secara produk mungkin belum sempurna, namun bila orang melihat upaya ”ngotot” kita dalam tekad menyuguhkan layanan terbaik, dan komunikasi kita yang berusaha mengutamakan dan mendengarkan mereka, itu bisa jadi nilai positif dalam hal reputasi. Ini bisa disebut ”not perfect yet, but still reputable in another way”.

More than Excellent

Kompetensi adalah potensi yang jadi kemahiran tertentu. Dengan gabungan ilmu, pengalaman, masukan-masukan, dan lainnya. Makin keren taburan ilmu, jam terbang, proses pengalaman, dan kreativitas yang terus digali akan bisa menjadi MoTE (more than excellent).

Nah, bagaimana membangun reputasi dari kompetensi profesi?

Tekun berproses untuk optimizing competency.

Mau membantu atau membagikan kompetensi kita kepada yang memerlukan, bukan melulu menjual. Jadikan diri sebagai bagian dari masyarakat sosial.

Biarkan masyarakat melihat upaya kita untuk memberikan yang terunggul.

Mau berkomunikasi terbuka dengan sikap kooperatif dan ramah.

Jadikan kritik atau masukan positif sebagai vitamin untuk terus bertumbuh. (*)


*) BABY JOEWONO, Founder & trainer of Baby Joewono Soft Skills Center


Credit: Source link

Related Articles