Produknya Terancam Diblokir Nestle, Astra Agro Bantah Langgar HAM

Produknya Terancam Diblokir Nestle, Astra Agro Bantah Langgar HAM

JawaPos.com – Manajemen PT Astra Agro Lestari Tbk buka suara terkait pemberitaan sejumlah media massa yang menyebut Nestle SA akan meminta kepada pemasok untuk tidak membeli stok minyak sawit dari perusahaan yang berkaitan dengan Astra Agro. Rencana pemblokiran itu muncul setelah sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) menyebut Astra melakukan bisnis yang melanggar hukum. Mulai dari tuduhan melanggar hak asasi manusia (HAM) hingga terlibat dalam kerusakan lingkungan.

Terkait itu, Senior Vice President of Communications and Public Affair Astra Agro Tofan Mahdi mengatakan tuduhan itu tidak berdasar dan tidak sesuai kondisi objektif di lapangan. “Materi yang disampaikan oleh FoE yang menjadi dasar rencana pemblokiran Nestle tersebut merupakan isu lama yang sudah terklarifikasi di tahun-tahun saat kejadian,” kata Tofan dalam siaran pers yang diterima JawaPos.com, Minggu (2/10).

Mengutip Bloomberg, informasi tentang rencana pemblokiran pasokan oleh Nestle ini, diketahui dari surat perusahaan makanan asal Swiss tersebut kepada Friends of The Earth (FoE) yang dilihat oleh Bloomberg. Namun, Tofan Mahdi menegaskan, Nestle SA bukan pembeli langsung minyak sawit dari anak-anak perusahaan Astra Agro.

Ia menduga, rencana pemblokiran pasokan ke Nestle SA yang berkembang ini menyusul desakan dari FoE, sebuah LSM lingkungan internasional, yang menuduh usaha Astra Agro merusak lingkungan dan melakukan pelanggaran HAM. Manajemen Astra Agro juga menegaskan tidak pernah melakukan kriminalisasi kepada masyarakat seperti yang dituduhkan FoE.

Dalam kasus pencurian/penjarahan buah sawit di perkebunan perusahaan pada Maret 2022 saat harga sawit sedang tinggi-tingginya, Astra Agro telah menyerahkan proses hukum sepenuhnya kepada pelaku dan pihak yang berwajib.

Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, Astra Agro tunduk dan patuh dengan seluruh peraturan perundangan yang berlaku. Perseroan juga telah melaksanakan kebijakan keberlanjutan dengan prinsip tidak melakukan deforestasi, konservasi lahan gambut dan menghormati Hak Asasi Manusia. Saat ini, anak-anak perusahaan Astra Agro juga telah mendapatkan sertifikasi ISPO (Indonesian Sustinable Palm Oil).

“Kami sangat serius menjalankan kebijakan Keberlanjutan kami,” tegasnya.

Sebelumnya, mengutip Reuters, raksasa makanan Nestle berencana menghentikan pasokan dari anak perusahaan Astra Agro Lestari (AALI), produsen minyak sawit utama Indonesia yang dituduh oleh kelompok lingkungan melakukan pelanggaran hak atas tanah dan hak asasi manusia.

Langkah ini dilakukan ketika perusahaan multinasional menghadapi peningkatan reputasi dan tekanan hukum dari konsumen dan pemerintah untuk membersihkan rantai pasokan global mereka dalam memerangi perubahan iklim.

Nestle, pembuat cokelat KitKat dan kopi Nespresso, mengatakan kepada Reuters bahwa setelah penilaian independen baru-baru ini, pihaknya menginstruksikan pemasoknya untuk memastikan minyak sawit dari tiga anak perusahaan AALI tidak lagi memasuki rantai pasokannya.

Grup yang berbasis di Swiss itu berencana tidak akan menggunakan minyak sawit dari anak perusahaan AALI pada akhir tahun.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link

Related Articles