The Series, Eksplorasi Kehidupan Geng Kampung

The Series, Eksplorasi Kehidupan Geng Kampung

Menyusul kesuksesan dua filmnya, Keluarga Cemara hadir dalam format serial. Masih dibintangi pemain dan tim produksi yang sama, Keluarga Cemara: The Series fokus pada kehidupan si sulung Euis yang beranjak remaja dan Geng Kampung-nya.

EUIS (Adhisty Zara) tumbuh menjadi gadis manis yang sudah mengenal cinta. Di fase transisi menuju dewasa, Euis memiliki segerombolan teman yang tergabung dalam Geng Kampung. Terdiri atas Rindu (Yasamin Jasem), Deni (Kafin Sulthan), Andi (Joshia Frederico), dan Ima (Kawai Labiba).

Geng Kampung mengajukan diri menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti lomba cerdas cermat tingkat nasional. Di tengah prosesnya, Euis dan kawan-kawan justru dihadapkan pada segala problematika. Pertemanan mereka diuji. Meski begitu, kontes cerdas cermat tingkat daerah berhasil mereka lalui. Anggota Geng Kampung kembali mengatur strategi untuk bisa lanjut ke tingkat nasional.

Tayang mulai 24 September lalu, Keluarga Cemara: The Series pekan ini sudah masuk episode kelima. Cerita menyorot kehidupan Rindu. Selain mempersiapkan cerdas cermat, dia sedang mematangkan kepribadiannya menjadi ketua OSIS. Di luar itu, drama percintaan Rindu terkuak. Sejak awal penayangan, Rindu memang diketahui memiliki pengagum rahasia.

Dia sempat mengira bahwa orang tersebut adalah kakak kelasnya yang selama ini disukainya. Euis-lah yang menjadi tempat curhat Rindu selama mengalami masa kegalauan itu. Anggia Kharisma selaku produser menyatakan bahwa di format serial ini, pihaknya menitikberatkan alur cerita pada anggota Geng Kampung.

Kelima anggota memiliki porsi peran dan cerita yang lebih luas ketimbang film. Pengembangan cerita dan karakter terasa jelas di versi serial. Anggia dan seluruh tim yang terlibat berhasil mengemas cerita dengan sederhana, tapi bikin penasaran.

Dia menuturkan alasannya mengangkat kisah hidup anggota Geng Kampung ke dalam serial. Menurut dia, hal itu disebabkan kurangnya tontonan yang layak untuk anak-anak di masa sekarang. ’’Berdasar sebuah riset yang pernah saya baca, hanya 0,7 persen yang menarik untuk ditonton oleh anak dan keluarga,’’ jelas Anggia.

Karena itu, dia tertarik membuat spin-off Keluarga Cemara. Di serial tersebut, setiap karakter Geng Kampung memiliki porsi cerita yang luas dan mendetail. ’’Keluarga selalu menjadi tempat kita berpulang dan menjadi tujuan hidup. Series ini diharapkan tidak hanya jadi tontonan kekinian. Tapi, juga menumbuhkan kesadaran untuk bertumbuh,” papar dia.

Sutradara Ismail Basbeth menambahkan bahwa ini merupakan serial pertamanya. Meski begitu, tema keluarga sudah menjadi ciri khas yang ditonjolkan dalam setiap karyanya. Apalagi, dia juga terlibat sebagai sutradara di sekuel film Keluarga Cemara (2022).

Kesuksesan versi film tidak membuatnya menjadikan angka penonton sebagai target utama kesuksesan versi series-nya. Menurut Ismail, pujian dari penonton sudah cukup membuatnya puas. ’’Jika ada seseorang yang menulis atau menceritakan ke orang lain bahwa film atau series-nya bagus, tugasku sudah selesai,” papar Ismail.

Sementara itu, Zara merasa senang bisa berkumpul dan satu proyek bareng dengan pemeran Geng Kampung. Dia menuturkan bahwa perkembangan karakter tidak hanya terjadi di kehidupan nyata mereka. Namun, juga dirasakan di dalam series. Mereka bertumbuh bersama di kehidupan nyata dan di dalam sebuah karya.

’’Karena kami seangkatan, jadinya relate. Cuma, karakter dan impiannya berbeda. Jadi, seru banget sih,” ujar mantan personel JkT48 itu.

TAHUKAH ANDA?

Zara dan keempat anggota Geng Kampung lainnya bikin grup WhatsApp sejak kali pertama terlibat di film Keluarga Cemara. Dan, tak pernah bubar sampai sekarang.

Syuting dilakukan hampir dua bulan di awal tahun ini dengan lokasi Jawa Barat dan Jakarta.

Zara membawa banyak perintilan pribadi ke lokasi syuting sampai disebut ’’pindah kosan” oleh para cast lain.

Para anggota Geng Kampung bertumbuh bersama, baik di dunia nyata maupun di dalam series.

KELUARGA CEMARA: THE SERIES

PEMAIN: Adhisty Zara, Kafin Sulthan, Yasamin Jasem, Kawai Labiba, Joshia Frederico, Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Widuri Puteri, Asri Welas, Abdurrahman Arif

SUTRADARA: Ismail Basbeth

PENULIS SKENARIO: Ismail Basbeth, Carine Regina, Indriani Agustina

PRODUSER: Anggia Kharisma

RUMAH PRODUKSI: Visinema Content

STASIUN PENAYANGAN: Disney+ Hotstar

TOTAL EPISODE: 8 (delapan)

TAYANG PERDANA: 24 September


Credit: Source link

Related Articles