Cholil Efek Rumah Kaca Ungkap Perubahan Perilaku Penonton Konser

Cholil Efek Rumah Kaca Ungkap Perubahan Perilaku Penonton Konser

JawaPos.com – Cholil Mahmud, vokalis grup musik Efek Rumah Kaca menilai telah terjadi perbedaan perilaku penonton konser antara dulu dan sekarang. Yang paling terlihat dalam amatannya, penonton konser saat ini tidak memiliki fanatisme berlebihan pada penyanyi atau grup musik idola.

“Dulu ada semacam arogansi di antara penggemar yang fanatik dengan genre musik atau band tertentu. Sementara sekarang pada umumnya orang-orang adalah penggemar musik,” kata Cholil Mahmud dalam sebuah diskusi yang diadakan Resso, dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com.

Penggemar musik yang dimaksudkan Cholil Mahmud adalah para penonton konser tidak saja menikmati konser dari musisi tertentu saja. Mereka justru menikmati penampilan panggung dari banyak musisi. Bahkan penampilan dari musisi lintas genre sekalipun.

Penilaian tersebut didasarkan pada amatannya di lapangan ketika Cholil Mahmud tiap beraksi manggung dalam sejumlah kesempatan.

“Kami mengamati bahwa ada penonton bisa nyanyiin lagu dari berbagai artis yang ada di lineup, dan hafal banyak lagu dari genre berbeda,” jelasnya.

Fakta menarik lainnya dalam amatan Cholil Mahmud, banyak penonton saat ini sepertinya tidak bosan menghadiri festival dengan headliner atau penampil utama yang mirip.

“Mungkin secara umum menonton konser bikin bahagia. Ini mungkin ada hubungan dengan budaya karaoke, atau dengan berkembangnya platform streaming musik yang menampilkan lirik-lirik lagu,” tandasnya.


Credit: Source link

Related Articles