FFI Umumkan 24 Nama Dewa Juri Akhir

FFI Umumkan 24 Nama Dewa Juri Akhir

JawaPos.com — Setelah melakukan proses seleksi dan penjurian pada film-film yang masuk dalam daftar nominasi melibatkan 89 anggota Akademi Citra insan perfilman dari beragam profesi, Festival Film Indonesia (FFI) 2022 kini mengumumkan 24 nama yang duduk di kursi dewan juri tahap akhir dan ikut terlibat dalam penentuan pemenang.

Adapun 24 nama dewan juri dibagi ke dalam beberapa kategori. Sembilan juri untuk Film Cerita Panjang, tiga juri Film Cerita Pendek, tiga juri Film Animasi Pendek, tiga juri Film Dokumenter, tiga juri kategori Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film, dan tiga juri untuk kategori Kritik Film.

Nama-nama tersebut adalah Budi Irawanto, Christine Hakim, Dolorosa Sinaga, Edwin Nazir, Iswadi Pratama, Nur Hidayat, Prima Rusdi, Thoersi Argeswara, dan Yosep Anggi Noen untuk Film Cerita Panjang. Ada juga juri untuk Film Cerita Pendek yang terdiri dari Edo Wulia, Lulu Ratna, dan Mandy Marahimin.

Selain itu, juri untuk Film Animasi terdiri dari Bony Wirasmono, Chandra S. Endroputro, dan Kemal Hasan. Erlan Basri, Fanny Chotimah, dan IGP Wiranegara menjadi juri untuk Film Dokumenter. Juri Kritik Film terdiri dari Adrian Jonathan Pasaribu, Kukuh Karnanta Yudha, dan Mundi Rahayu. Dan juri Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film diisi oleh tiga nama yaitu Budiyati Abiyoga, Jajang C. Noer, dan Widyawati.

Nama-nama yang masuk dalam daftar Dewan Juri Akhir merupakan perwakilan ekosistem perfilman Indonesia dari berbagai latar belakang profesi. Mereka dipilih oleh Komite FFI 2022 berdasarkan masukan dan rekomendasi dari asosiasi-asosiasi profesi perfilman Indonesia.

Garin Nugroho, Komite Bidang Penjurian FFI 2021-2023 mengatakan film-film yang masuk dalam nominasi FFI tahun ini cukup beragam dan semakin kaya. Hal itu membuat dewan juri lebih banyak pilihan dalam menentukan yang terbaik untuk keluar sebagai pemenang pada masing-masing kategori.

“Pada proses Penjurian Tahap Akhir, dewan juri melakukan pilihannya secara demokratis dengan saling berbagi pengetahuan dan pandangan sesuai latar belakang masing-masing yang akan memperkaya proses diskusi penjurian membaca peta film Indonesia,” jelas Garin Nugroho.

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia akan diadakan pada 22 November 2022 mendatang dan akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Festival Film Indonesia, Budaya Saya, dan Kemendikbudristek.


Credit: Source link

Related Articles