Fakta-fakta PHK Massal Karyawan Startup, Terbaru GoTo dan Ruangguru

Fakta-fakta PHK Massal Karyawan Startup, Terbaru GoTo dan Ruangguru

JawaPos.com – Sejumlah perusahaan startup skala besar tercatat telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam jumlah yang besar. Adapun salah satu alasannya karena situasi global yang penuh ketidakpastian di tahun mendatang.

Sejumlah perusahaan startup besar di Indonesia yang telah melakukan pemangkasan karyawan, yakni Shopee, GoTo dan Ruangguru. Berikut ini rangkuman fakta PHK massal yang terjadi baru-baru ini:

GoTo

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo resmi mengumumkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 12 persen dari total karyawan atau sebanyak 1.300 orang pada Jumat (18/11).

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, PHK dilakukan sebagai salah satu langkah strategis dalam mendorong percepatan kemandirian finansial.

Keputusan ini diambil agar perusahaan dapat terus memberi dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi dan pedagang di ekosistem GoTo, melalui pertumbuhan yang sehat dan berkesinambungan.

“Di tengah kondisi ekonomi global yang semakin penuh tantangan, GoTo harus fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali perusahaan. Hal ini termasuk mengambil keputusan sulit untuk melakukan perampingan karyawan sejumlah 1.300 orang atau sekitar 12 perusahaan dari total karyawan tetap Grup GoTo,” kata Andre dalam pernyataan resmi perusahaan.

GoTo mengungkapkan tak dapat menghindari keputusan sulit dengan mengeluarkan kebijakan PHK terhadap ribuan karyawannya. GoTo memastikan, karyawan yang terdampak akan menerima pemberitahuan hari ini dan akan memperoleh paket kompensasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di tiap negara di mana GoTo beroperasi.

Editor : Eko D. Ryandi

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link

Related Articles