Tak Perlu Sungkan Menagih, Tegas tanpa Nada Keras

Tak Perlu Sungkan Menagih, Tegas tanpa Nada Keras

Tidak sedikit yang mengalami hal ini. Menghadapi teman yang tidak atau kurang bertanggung jawab melakukan (membayar) kewajiban mereka. Hal yang menjengkelkan, ya. Mau menagih atau bicara terus terang rasanya sungkan, apalagi kalau teman akrab. Namun, kalau tidak ditagih, itu kewajiban mereka.

SEHARUSNYA justru karena akrab, para teman itu seyogianya lebih bisa menjaga pertemanan, tidak malah meremehkan kewajiban atau malah (berlagak) lupa. Apalagi jika bukan orang tidak mampu.

Dalam kehidupan sehari-hari, hal semacam itu kebanyakan terjadi pada tiga kasus ini. Pertama, teman meminjam uang, tapi lalai membayar. Kedua, teman ambil atau beli barang, tapi tak kunjung membayar. Dan, teman yang jarang ikut membayar, padahal selalu ikut makan bareng.

Widagdho (1999) menyatakan bahwa tanggung jawab adalah perbuatan manusia sebagai wujud dari kesadaran akan kewajibannya. Namun, sering kali kita dibikin tidak paham mengapa ada orang-orang yang tidak mau berbuat kebaikan sebagai wujud dari tanggung jawabnya. Entah tanggung jawab ekonomi (berutang) atau tanggung jawab sosial (misalnya, membiarkan orang lain terus membayar untuknya).

Jadi, bagaimana sebaiknya menghadapi yang semacam itu? Apa pun latar belakang penyebab mereka tidak bertanggung jawab itu, kita perlu mengambil sikap asertif. Tegas, terbuka, tapi tanpa sikap atau nada keras atau kasar. Sungkan? Tidak perlu. Sebab, seharusnya mereka yang justru wajib merasa sungkan dan malu.

Bila yang meminjam tak kunjung membayar:

– Ditagih dengan baik.

– Diingatkan kewajiban membayar.

– Sampaikan bahwa kita juga punya kebutuhan.

– Diberi keringanan mencicil bila ada kesulitan.

– Siapkan diri menghadapi kebandelan sikap peminjam.

– Jika jumlah sangat besar, ingatkan baik-baik bahwa kita tidak ingin hal itu menjadi kasus hukum.

Bila yang mengambil/membeli barang tak kunjung membayar:

– Sampaikan kalau sudah transfer tolong mengabari, karena harus cek dana masuk.

– Sampaikan bahwa dana transfer ditunggu, terima kasih.

Bila teman jarang mau membayar makanan yang dimakannya, bagaimana?

– Ketika muncul gagasan makan bersama, sampaikan kita patungan. Kecuali jika ada yang menyatakan akan mentraktir.

– Coba sesekali diam saja, bersikap pasif. Biar dia yang membayar.

– Uang dikumpulkan seseorang (kolektor) saat akan membayar. Berapa pun, semampu mereka.

– Semua itu adalah ikhtiar untuk mengingatkan kewajiban sosial maupun finansial mereka. Tetap dengan nada serta cara yang baik dan pantas.

– Bagaimana jika Anda yang kurang sadar akan kewajiban itu? Segeralah buka hati dan jaga citra diri. Hindari menjadi beban penyebab kesusahan atau ketidaknyamanan bagi orang lain. Bangun relasi dengan siapa pun dengan positive attitude. Jadilah pribadi yang membawa kenyamanan bagi siapa pun. Yang punya harga diri. (*)


Credit: Source link

Related Articles