3 Kiat Fenita Arie Atasi Anak Kecanduan Gadget Pasca Pandemi

3 Kiat Fenita Arie Atasi Anak Kecanduan Gadget Pasca Pandemi

JawaPos.com–Sebagai seorang ibu 3 anak, presenter dan selebriti Fenita Arie, ternyata juga kesulitan selama pandemi Covid-19 dalam beradaptasi dengan pola hidup yang baru. Istri Arie Untung itu bercerita bagaimana mendampingi anak-anaknya selama pandemi agar tidak kecanduan gadget.

Fenita bersyukur kasus Covid-19 mulai menurun sehingga menjadi kesempatan untuk mengurangi penggunaan gadget anak-anaknya. Walaupun tidak bisa lepas 100 persen, dia tetap berusaha mengalihkan perhatian anak-anaknya agar fokus pada hal lain.

”Kami ini orang tua, sebagai orang tua melihat apa yang jadi kebutuhan anak-anak. Sebelum pandemi aktif bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Dan ada anak bontot usianya sekitar 6 tahun. Semuanya 2 tahun diam di rumah saja tanpa sosialisasi. Tapi kalau kecanduan gadget gak bagus juga,” kata Fenita kepada wartawan sekaligus promotor acara Kids Fanfest Indonesia di Jagakarsa, Jakarta, baru-baru ini.

Kiat Fenita Arie agar anak tidak kecanduan gadget. Apa saja?

  1. Aktivitas Fisik

Dia dan suami, Arie Untung, mengajak anak-anaknya untuk melakukan berbagai aktivitas fisik. Menurut dia, jika anak yang sudah terlalu candu dengan gadget justru jadi malas. Misalnya dengan olahraga atau bersepeda.

  1. Tontonan Seru

Hiburan anak-anaknya, kata dia, yakni diisi dengan kegiatan seru salah satunya menonton animasi. Anak-anak pada era pandemi, kata dia, harus bersinggungan langsung dunia teknologi dengan semua semudah itu. ”Kita sebagai orang tua harus memberikan tayangan dan mendampingi sesuai umur mereka masing-masing,” terang Fenita.

Dia merasa perlu adanya animasi lokal sesuai budaya ketimuran dengan nilai akhlak dengan value masing-masing. Dengan tayangan edukatif, dia merasa anak-anak akan mendapatkan suasana baru bertemu langsung ketemu tokoh dan karakter animasi itu. Tokoh-tokoh animasi kesukaan anak-anak Indonesia seperti Nussa Rarra, Truntung, Riko the Series, Diva the Series, Kiko & Lola, Adit Sopo Jarwo.

  1. Interaksi Orang Tua

Menurut Fenita Arie, orang tua sangat berperan penting dalam mengatur waktu penggunaan gadget anak. Orang tua dapat mengajak anak untuk melakukan berbagai hal dan interaksi dengan di luar. Hal tersebut akan sangat membantu mengurangi penggunaan gadget anak. Pasalnya, meski gadget bisa memberikan berbagai pelajaran, jika digunakannya berlebihan juga tidak akan baik untuk anak. ”Jadi gimana kita alihkan lagi untuk mereka bisa interaksi di luar,” ujar Fenita.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles