Pemimpin Daerah Rangkul Penyanyi di Panggung, Ikke Nurjanah Prihatin

Pemimpin Daerah Rangkul Penyanyi di Panggung, Ikke Nurjanah Prihatin

JawaPos.com – Baru-baru ini viral di media sosial ada pemimpin daerah merangkul penyanyi dangdut saat tampil di acara malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022) malam. Video itu sempat diunggah di media sosial dan menuai pro dan kontra dari netizen di dunia maya. Dalam video, terlihat penyanyi dangdut Ucie Sucita dirangkul oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono. Keduanya asyik bernyanyi di atas panggung dalam format duet.

Sebagai sesama penyanyi, Ikke Nurjanah mengomentari hal tersebut. Dia mengaku prihatin ternyata ada pejabat daerah yang memperlakukan penyanyi seperti itu.

“Pasti prihatin ya sebagai perempuan. Apalagi kalau itu dari pejabat, prihatin banget. Pemangku jabatan itu harusnya lebih memproteksi kita sebagai penyanyi. Pejabat harusnya menjadi tempat yang bisa melindungi kita,” kata Ikke Nurjanah di bilangan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/1).

Ikke mengatakan pejabat publik seharusnya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat untuk tidak melenceng dari norma kesopanan dan norma agama. Menurut Ikke Nurjanah, mungkin saja ada penyanyi yang mau ditempel atau dirangkul mesra di atas panggung. Akan tetapi, dia mengingatkan untuk tidak menyamaratakan semua penyanyi bisa mendapatkan perlakuan seperti itu.

“Mereka kadang menyamaratakan kita. Mungkin pernah mengalami dan dianggap nggak apa-apa. Tapi nggak semua penyanyi perempuan mau dan dibilang nggak apa-apa (dirangkul),” ujarnya.

Ikke Nurjanah menegaskan bahwa profesi penyanyi, sama dengan profesi lainnya, juga posisinya terhormat. Perempuan yang kini berhijab itu meminta masyarakat apalagi tokoh publik untuk menghargai harkat dan martabat penyanyi dengan memperlakukan mereka secara sopan.

“Penyanyi kalau kita itu profesional harus dihargai. Kita mengajak mereka menyanyi tapi bukan berarti harus diapa-apakan,” katanya.

Ikke Nurjanah sendiri sempat mengalami pelecehan seksual ketika perform di atas panggung dalam sebuah kesempatan. Dia pun memberi sikap tegas tak mau tubuhnya dipegang secara tak senonoh oleh siapa pun.

“Saya pernah mengalami kayak gitu waktu di lapangan. Saya punya traumatis ya waktu turun ketemu orang banyak. Ada perlakuan tidak menyenangkan tapi balik ke kita juga apakah kita sudah memproteksi diri kita,” tutur Ikke Nurjanah.

Ikke Nurjanah menegaskan dirinya tidak akan segan untuk membuat laporan polisi apabila diperlakukan sudah sangat kelewat batas.

“Itu kembali ke masing-masing individu ya. Kalau aku, kalau sudah kelewatan banget, harus ya (dilaporkan ke polisi) demi menjaga harkat dan martabat,” tandasnya.

Sementara itu, terkait kontroversi bersama Ucie Sucita ketika berada di atas panggung pada malam pergantian tahun, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono sejatinya sudah sempat angkat bicara. Dia mengaku tidak bermaksud melakukan pelecehan seksual terhadap penyanyi perempuan. Dia berdalih, apa yang diperlihatkan ke publik kala itu sebagai wujud kedekatan.

“Saya tidak ada maksud apa pun. Karena ketika kita dengan para musisi, saya pribadi dengan para artis atau mungkin para penyanyi, kita sudah satu keluarga,” aku Dedy Yon Supriyono dalam klarifikasinya yang beredar di TikTok.


Credit: Source link

Related Articles