ACLED: Jumlah Kematian di Yaman Tembus 91.000 Jiwa

by

in
ACLED: Jumlah Kematian di Yaman Tembus 91.000 Jiwa

Jet tempur Arab Saudi menyerang Yaman, Jumat 1 November 2018. (Foto: Irna)

Washington, Jurnas.com – Proyek Konflik Lokasi dan Peristiwa Data Proyek (ACLED) yang berpusat di Amerika Serikat (AS), mengatakan, jumlah kematian di Yaman selama empat setengah tahun terakhir menduduki angka 91.000 jiwa.

Organisasi penelitian konflik nirlaba, yang membangun basis datanya berdasarkan laporan berita dari Yaman dan media internasional serta lembaga internasional, mengatakan, tahun ini sebanyak 11.900 orang terbunuh, dibandingkan dengan 30.800 orang pada 2018.



Kelompok itu mengatakan bahwa pada 2015 sekitar 17.100 orang dilaporkan tewas, tahun paling mematikan kedua setelah 2018, yang merupakan rekor paling mematikan.

ACLED mengatakan Arab Saudi dan sekutu bertanggung jawab atas lebih dari 8.000 dari sekitar 11.700 kematian akibat serangan yang menyasar langsung warga sipil.

Baca juga.. :

Sekitar 67 persen dari semua kematian warga sipil yang dilaporkan di Yaman selama empat setengah tahun terakhir disebabkan oleh serangan udara yang dipimpin Arab Saudi.

ACLED juga mencatat, lebih dari 18.400 tewas di provinsi barat daya Ta`izz sejak 2015.

Menurut kelompok itu, Hudaydah dan Jawf mengikuti Ta`izz sebagai dua provinsi Yaman yang mengalami konflik paling hebat, dengan hampir 10.000 kematian total pertempuran, dilaporkan di setiap wilayah sejak 2015.

Gencatan senjata yang diperantarai PBB untuk kota pelabuhan Laut Merah, Hudaydah, kata ACLED, berkontribusi pada penurunan sebagian korban jiwa yang dilaporkan dalam beberapa bulan terakhir.

Data tersebut mencakup serangan udara, penembakan dan pertempuran darat antara berbagai kekuatan hingga pemboman dan kekerasan saat protes. Namun, jumlah itu tidak termasuk yang meninggal karena bencana kemanusiaan yang disebabkan perang, terutama kelaparan.

Juru bicara ACLED, Sam Jones, mengatakan perkiraan mereka untuk kematian warga sipil tidak termasuk kerusakan jaminan, yang berarti jumlah total korban sipil untuk perang kemungkinan jauh lebih tinggi.

Direktur Eksekutif ACLED Clionadh Raleigh mengatakan, sejak eskalasi konflik pada tahun 2015, Yaman sudah hancur karena perang. Data ACLED dari 2015 sekarang memungkinkan untuk analisis penuh kekerasan, memberikan perkiraan jumlah sebenarnya perang untuk pertama kalinya.

“Data-data ini merupakan alat dan peringatan: masyarakat internasional harus menggunakannya untuk membantu memahami, memantau, dan pada akhirnya menyelesaikan konflik sebelum situasi semakin tidak terkendali,” katanya.

Arab Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya melepaskan serangan terhadap Yaman pada Maret 2015, dengan tujuan mengembalikan mantan presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi kembali berkuasa dan menghancurkan gerakan Ansarullah.

Dalam kampanye tanpa henti, serangan udara yang dipimpin Saudi menghantam sekolah, rumah sakit dan pesta pernikahan dan menewaskan ribuan warga sipil Yaman.

Perang itu juga mengambil banyak korban pada infrastruktur negara, menghancurkan rumah sakit, sekolah, dan pabrik. PBB mengatakan lebih dari 24 juta orang Yaman sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan, termasuk 10 juta orang menderita kelaparan tingkat ekstrem.

Kejahatan keji kerajaan Arab Saudi itu mendapat dukungan dari AS dan Inggris

TAGS : Arab Saudi Konflik Yaman

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/58236/ACLED-Jumlah-Kematian-di-Yaman-Tembus-91000-Jiwa/