Airlangga Berharap Alumni Prakerja Bisa Selamatkan Ekonomi Indonesia

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program Kartu Prakerja telah berhasil melahirkan wirausaha-wirausaha baru yang bisa menyelamatkan ekonomi Indonesia.

“Kami berharap seluruh penerima Prakerja bisa menjadi calon usahawan, kecil dan menengah. Jadi, graduasi Kartu Prakerja menjadi wiraswasta-wiraswasta baru dan ini ada di seluruh Indonesia. Sehingga bisa membantu menyelamatkan ekonomi Indonesia,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (4/6).

Airlangga menilai para penerima Kartu Prakerja ini memiliki karakteristik yang tangguh, gigih, dan tahan banting. Menurutnya, hal ini bisa menjadi modal bagi penerima Kartu Prakerja untuk bangkit dari keterpurukan akibat terdampak pandemi.

“Dari testimoni yang diberikan, beberapa mengikuti pendaftaran tidak satu kali langsung diterima, ada yang mencoba sampai delapan kali lalu yang kesembilan baru diterima. Itu menunjukkan kegigihan yang luar biasa,” tuturnya.

Airlangga menegaskan bahwa program ini akan terus berlanjut dan memiliki target penerima sebanyak 8,2 juta orang. “Targetnya penerima kartu Prakerja sebanyak 8,2 juta dan ini sudah jalan semester satu 2,7 juta penerima. Dan ini akan terus dilakukan di semester kedua,” ungkapnya.

Airlangga menambahkan, pemerintah akan terus mendorong para alumni Kartu Prakerja untuk menjadi wirausahawan-wirausahawan baru dengan memberikan akses permodalan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link