Airlangga Ungkap Realisasi Anggaran PEN Capai Rp 209,12 Triliun

JawaPos.com – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, realisasi penyaluran dana Penanganan Ekonomi Nasional (PEN) hingga saat ini mencapai Rp 209,129 triliun atau sekitar 29,9 persen dari keseluruhan dana yang sebesar Rp 699,43 triliun.

“Pelaksanaan PEN itu telah mencapai 29,9 persen dari pagu. Atau naik Rp 86,7 triliun dari kuartal pertama yang sebesar Rp 123,20 triliun,” kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin (7/6).

Airlangga memaparkan, sejauh ini realisasi terbesar yaitu di sektor insentif usaha yang sudah mencapai 79,9 persen dari seluruh pagu yang dianggarkan. Kemudian, realisasi PEN di sektor perlindungan sosial 39,2 persen.

Disusul, di sektor program prioritas sebesar 28 persen. Lalu untuk dukungan korporasi realisasinya sudah 21 persen. Kemudian paling kecil realisasinya untuk sektor kesehatan sebesar 18,8 persen.

Airlangga tersalurkannya dana PEN dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional yang diperkirakan antara 6,7 persen hingga 7,5 persen. Ketua Umum Partai Golkar itu optimistis pada kuartal II ini ekonomi Indonesia dapat tumbuh hingga 8 persen.

“Pemerintah menyakini bahwa kuartal II tahun ini kita mampu pada 7 persen sampai 8 persen,” tuturnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link