Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer AS di Kenya

by

in
Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer AS di Kenya

Serangan Al-Shabaab di Kenya pada Desember 2019 menewaskan 81 orang (Foto: AFP)

Nairobi, Jurnas.com – Kelompok militer Somalia, Al-Shabaab, menyerang sebuah pangkalan militer yang digunakan oleh pasukan Amerika Serikat (AS) dan Kenya, di wilayah pesisir Lamu, Kenya, pada Minggu (5/1).

Juru bicara militer Kenya, Kolonel Paul Njuguna mengatakan bahwa pada pukul 5.30 pagi ditemukan suatu upaya untuk melanggar keamanan di Manda Air Strip.

“Pelanggaran percobaan berhasil ditolak. Empat badan teroris sejauh ini telah ditemukan. Lapangan udara itu aman. Timbulnya dari pelanggaran yang tidak berhasil itu, kebakaran terjadi yang memengaruhi beberapa tangki bahan bakar yang terletak di landasan udara,” terang dia.

Dia mengatakan serangan telah berhasil dikendalikan, “dan prosedur keamanan standar sekarang sedang berlangsung.”

Dikutip dari Associated Press, komando militer AS untuk Afrika, AFRICOM, membenarkan ada serangan dalam pernyataan singkatnya.

Baca juga.. :

“Komando Afrika AS mengakui ada serangan di Lapangan Terbang Manda Bay, Kenya dan sedang memantau situasinya. Al-Shabaab telah mengklaim bertanggung jawab atas insiden itu. Ketika fakta dan detail muncul, kami akan memberikan pembaruan,” tegas AFRICOM.

Sementara Komisaris Distrik Lamu Irungu Macharia mengatakan para penyerang telah diusir. “Kami tidak yakin apakah masih ada sisa di dalam,” kata dia.

Al-Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan, dengan mengatakan pihaknya “berhasil menyerbu pangkalan militer yang sangat dibentengi, dan sekarang telah mengambil kendali efektif sebagian pangkalan itu.”

Kelompok itu mengatakan telah ada korban dari Kenya dan Amerika, tetapi klaim ini tidak dapat segera diverifikasi.

Al-Shabaab mengatakan serangan tersebut adalah bagian dari kampanye “Al-Quds (Yerusalem) yang tidak akan di-Yahudikan”, istilah yang pertama kali digunakan selama serangan terhadap kompleks hotel Dusit kelas atas di Nairobi, pada Januari tahun lalu yang menewaskan 21 orang. .

TAGS : Al-Shabaab Pangkalan Udara Amerika Serikat Kenya

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65103/Al-Shabaab-Serang-Pangkalan-Militer-AS-di-Kenya/