Alasan Menkes Prioritaskan Lansia untuk Divaksin Covid-19

by

in

JawaPos.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, lansia menjadi prioritas pemerintah berikutnya dalam program vaksinasi Covid-19. Lansia diprioritaskan lantaran angka kematiannya yang tinggi.

Ia menjelaskan, dari fatality rate 2,8 persen, jumlah lansia yang meninggal empat kali lipat dari itu.

“Dari satu setengah juta orang yang kena (Covid-19), hanya 10 persen yang lansia. Tapi dari 41.000 yang wafat, 50 persen itu lansia. Jadi kelihatan sekali lansia itu fatality rate-nya tinggi, risikonya tinggi,” ujar Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Kamis (8/4).

Oleh karena itu, Budi meminta kepala daerah untuk memprioritaskan vaksin terhadap lansia. Pasalnya saat ini masih banyak daerah-daerah yang belum memvaksinasi lansia.

Budi mengatakan, pihaknya juga akan memprioritaskan vaksinasi Covid-19 kepada lansia di daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik. Berdasarkan data, setidaknya ada 12 provinsi yang menjadi tujuan mudik Idul Fitri 2021 yaitu, Banten, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Bali.

“Makanya vaksin ini kita prioritaskan ke kota-kota tujuan yang banyak lansianya, sehingga lansia di kota-kota ini kita prioritaskan,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link