Anggota Komisi III DPR Minta BNPT Utamakan Pencegahan Terorisme

by

in
Anggota Komisi III DPR Minta BNPT Utamakan Pencegahan Terorisme

Anggota Komisi III DPR, Cucun Ahmad Syamsurijal

Jakarta, Jurnas.com – Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengharapkan agar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengutamakan pencegahan aksi terorisme.

Menurutnya, pencegahan tindak pidana terorisme dilakukan melalui kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi.

“BNPT harus lebih fokus pada pencegahan, ini yang kita butuhkan,” tandas Cucun di ruang rapat Komisi III DPR RI, Jakarta, Selasa (23/6).

Ia menegaskan agar BNPT fokus pada pencegahan terorisme, adapun penindakan aksi tarorisme yang sudah terjadi, BNPT harus mampu mengkoordinir beberapa lembaga negara seperti Kepolisian.

Politisi Fraksi PKB ini berharap kepada Kepala BNPT yang baru Boy Rafli Amar, agar membuat strategi dan menyusun program untuk pencegahan terorisme. Dengan program dan strategi yang terarah dan jelas maka Komisi III DPR RI akan memberikan dukungan anggaran untuk BNPT.

Baca juga.. :

“Saya harapakan ini lebih baik lagi. Langkah-langkah pencegahan bisa dilakukan BNPT. Komisi III men-support anggaran pencegahan untuk BNPT,” ujar Cucun.

Dia juga menjabarkan soal pentingnya deradikalisasi, Cucun pun mempertanyakan apa langkah deradikalisasi yang akan dilakukan BNPT selanjutnya. “Deradikalisasi juga penting. Seperti apa langkah-langkah yang dilakukan kepala BNPT,” tanya Cucun.

Deradikalisasi merupakan suatu proses yang terencana, terpadu, sistematis, dan berkesinambungan yang dilaksanakan untuk menghilangkan atau mengurangi dan membalikkan pemahaman radikal terorisme yang telah terjadi. Pelaksanaan deradikalisasi dikoordinasikan oleh BNPT, dalam pelaksanaan deradikalisasi, BNPT bisa melibatkan akademisi, praktisi, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

TAGS : Warta DPR Komisi III DPR Terorisme

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74238/Anggota-Komisi-III-DPR-Minta-BNPT-Utamakan-Pencegahan-Terorisme/