Apple, Google dan Tesla Ekspol Pekerjakan Bocah di Tambang Kobalt Afrika

by

in
Apple, Google dan Tesla Ekspol Pekerjakan Bocah di Tambang Kobalt Afrika

Seorang anak dan seorang wanita memecahkan batu yang diekstraksi dari tambang kobalt di tambang tembaga dan lubang kobalt di Lubumbashi pada 23 Mei 2016. (Foto: AFP)

Kongo, Jurnas.com – Organisasi non-pemerintah, International Rights Advocates mengajukan gugatan terhadap beberapa perusahaan teknologi terbesar Amerika Serikat (AS) mengambil untung dari pekerja anak di tambang kobalt Afrika.

Apple, Dell, Microsoft, Tesla dan Alphabet, perusahaan induk Google, harus membayar ganti rugi karena secara sadar mendapat untung dari anak-anak Afrika yang bekerja di bawah kondisi brutal.

Cobalt adalah elemen penting yang digunakan dalam baterai lithium yang dapat diisi ulang dan mengisi banyak perangkat elektronik.

Sebuah pernyataan Google mengatakan, “Pekerja anak dan bahaya tidak dapat diterima dan Pedoman Perilaku Pemasok kami secara ketat melarang kegiatan ini.”

Apple, Google dan Tesla Ekspol Pekerjakan Bocah di Tambang Kobalt Afrika

Baca juga.. :

Menurut gugatan itu, perusahaan-perusahaan itu membantu dan bersekongkol untuk menggunakan anak-anak muda yang kejam dan brutal di tambang kobalt di Republik Demokratik Kongo.

DRC adalah negara Afrika terbesar kedua berdasarkan wilayah dan dilaporkan salah satu yang paling kaya mineral di seluruh dunia. DRC menghasilkan banyak mineral dunia, seperti 75 persen kobalt dunia dan 70 persen berlian.

Perusahaan Glencore yang berbasis di Inggris dan perusahaan China Zhejiang Huayou Cobalt juga menjadi target dalam gugatan tersebut.

Karena kemiskinan ekstrem, ratusan anak-anak Kongo harus bekerja meski tambang kobalt telah membawa gelombang baru eksploitasi brutal.

Apple mengatakan perusahaan itu sangat berkomitmen pada pengadaan bahan yang bertanggung jawab untuk produknya.

Dell juga merilis sebuah pernyataan, mengklaim bahwa pihaknya tidak pernah secara menggunakan segala bentuk kerja paksa, praktik perekrutan curang atau pekerja anak.

TAGS : Perusaan Besar Amerika Serikat Eksploitasi Anak Tambang Kobalt Afrika

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/64282/Apple-Google-dan-Tesla-Ekspol-Pekerjakan-Bocah-di-Tambang-Kobalt-Afrika/