AS Halangi Iran Kirim Minyak ke Venezuela

by

in
AS Halangi Iran Kirim Minyak ke Venezuela

Bendera kebangsaan Iran berkibar di sebuah kilang minyak milik negara itu (Foto: IRNA)

Jakarta, Jurnas.com – Jaksa penuntut Amerika Serikat mengajukan gugatan untuk menyita bensin di atas empat kapal tanker yang dikirim Iran ke Venezuela.

Dilansir Middleeast, hal itu merupakan upaya terbaru oleh administrasi Trump untuk meningkatkan tekanan ekonomi pada dua musuh AS.

Presiden sosialis pemerintah Venezuela Nicolas Maduro telah memamerkan tanker-tanker itu, yang berangkat bulan lalu, untuk menunjukkan bahwa kapal itu tetap tidak tunduk pada tekanan AS.

Amerika Serikat telah mendesak pemecatan Maduro dengan kampanye tindakan diplomatik dan hukuman, termasuk sanksi terhadap perusahaan minyak negara PDVSA.

Kekurangan bensin di Venezuela, seperti Iran anggota OPEC, telah menjadi akut karena sanksi AS, dan negara itu telah mengalami keruntuhan ekonomi.

Baca juga.. :

Tetap saja, Maduro telah bertahan, dan kegagalan untuk menggesernya telah menjadi sumber frustrasi bagi Presiden AS Donald Trump, beberapa pejabat Amerika mengatakan secara pribadi.

Dalam gugatan perampasan sipil, jaksa penuntut federal bertujuan untuk menghentikan pengiriman bensin Iran di atas kapal Bella dan Bering yang berbendera Liberia, dan Pandi dan Luna, menurut gugatan tersebut, pertama kali dilaporkan dalam Wall Street Journal. Gugatan, diajukan di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia, berusaha untuk menghalangi pengiriman di masa depan.

Hakim Distrik AS James Boasberg mengeluarkan surat perintah untuk penyitaan lebih dari 1,1 juta barel bensin di empat kapal tanker, berdasarkan kemungkinan penyebab bahwa bahan bakar tidak dapat dihilangkan, kata Departemen Kehakiman, Kamis.

Gugatan itu juga bertujuan untuk menghentikan aliran pendapatan dari penjualan minyak ke Iran, yang telah disetujui Washington atas program nuklirnya, rudal balistik, dan pengaruh di Timur Tengah. Teheran mengatakan program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

Zia Faruqui dan dua asisten pengacara AS lainnya menuduh dalam gugatan bahwa pengusaha Iran Mahmoud Madanipour, yang berafiliasi dengan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, atau IRGC, membantu mengatur pengiriman dengan mengubah dokumen tentang kapal tanker untuk menghindari sanksi AS.

Gugatan itu mengatakan bahwa sejak September 2018, pasukan elit Pengawal Revolusi Quds telah memindahkan minyak melalui jaringan pengiriman yang disetujui yang melibatkan lusinan manajer kapal, kapal, dan fasilitator.

Keuntungan dari pengiriman mendukung “berbagai kegiatan jahat, termasuk proliferasi senjata pemusnah massal dan cara pengirimannya, dukungan untuk terorisme, dan berbagai pelanggaran hak asasi manusia, di rumah dan di luar negeri,” kata gugatan itu.

Kapal-kapal yang mengangkut bensin Iran terlibat dalam transfer antar-kapal untuk menghindari sanksi, kata gugatan itu. Pandi, misalnya, terlibat dalam transfer di Port Khalid di UEA untuk memuat bensin Iran secara diam-diam, katanya.

Tahun lalu pemerintahan Trump mencoba menghentikan sebuah kapal tanker yang membawa minyak Iran yang disebut Adrian Darya, yang sebelumnya dikenal sebagai Grace 1, dengan memasukkannya ke daftar hitam dan mengeluarkan surat perintah untuk penyitaan minyak mentah. Minyak itu akhirnya dikirim ke Suriah.

TAGS : Minyak Iran Wilayah Venezuela Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74805/AS-Halangi-Iran-Kirim-Minyak-ke-Venezuela/