AS Resmi Keluar dari Persetujuan Paris

by

in
AS Resmi Keluar dari Persetujuan Paris

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington, DC, 1 Agustus 2019. (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump secara resmi memulai proses menarik AS keluar dari Persetujuan Paris, tiga tahun setelah kesepakatan itu mulai berlaku.

Persetujuan Paris adalah sebuah persetujuan dalam kerangka UNFCCC yang mengawal reduksi emisi karbon dioksida efektif yang akan mulai berlaku pada tahun 2020.

Mengumumkan pengunduran diri pada hari Senin, menteri luar negeri Mike Pompeo menegaskan kembali pandangan pemerintah bahwa kesepakatan yang dibuat oleh Barack Obama memberi keuntungan bagi negara-negara berkembang, khususnya China.

“Presiden Trump membuat keputusan untuk menarik diri dari Perjanjian Paris karena beban ekonomi yang tidak adil yang dibebankan pada pekerja Amerika, bisnis, dan pembayar pajak oleh janji AS yang dibuat berdasarkan perjanjian tersebut,” kata Pompeo dilansir Climatechange.

Langkah ini semakin mengisolasi administrasi AS sebagai satu-satunya pemerintah nasional di dunia yang secara resmi berbalik pada upaya global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan membatasi kenaikan suhu global “jauh di bawah” 2C.

Baca juga.. :

Empat tahun lalu, AS memainkan peran penting dalam memperantarai kesepakatan yang saat ini keluar dengan membawa China pada sisi strategis.

Andrew Steer, presiden dan CEO World Resources Institute, mengatakan langkah itu “kejam bagi generasi mendatang, membuat dunia kurang aman dan produktif”.

Dia juga membantah gagasan bahwa kesepakatan Paris itu tidak adil bagi pekerja Amerika. “Ini juga membuat orang-orang di Amerika Serikat gagal, yang akan kehilangan pekerjaan energi bersih, karena negara-negara lain meraih keunggulan kompetitif dan teknologi yang ditawarkan masa depan rendah karbon.”

Trump pertama kali mengumumkan niatnya untuk menarik AS dari kesepakatan Paris pada Juni 2017, tetapi Senin – tiga tahun setelah perjanjian diberlakukan – adalah kesempatan paling awal bagi pemerintah untuk secara hukum memberitahukan tentang penarikannya.

Sekretaris eksekutif Perubahan Iklim PBB, Patricia Espinosa, menandai peringatan tersebut dengan mengirimkan tweet video diplomat dan negosiator yang merayakan penandatanganan Perjanjian Paris pada 2015.

“Mari kita menjaga momentum penting untuk aksi iklim global,” kata Espinosa.

Tetapi bahkan di luar perjanjian, AS akan terus mengambil bagian dalam pembicaraan iklim. Prosedur penarikan akan mengambil satu tahun untuk menyelesaikan berarti AS secara resmi akan meninggalkan kesepakatan Paris pada 4 November 2020, satu hari setelah pemilihan presiden AS pada 3 November.

Langkah ini kemungkinan akan lebih jauh mempolarisasi masalah iklim dalam pemilu AS tahun depan dengan setiap kandidat Demokrat terkemuka berjanji untuk segera bergabung kembali dengan perjanjian jika terpilih, sebuah proses yang bisa memakan waktu 30 hari.

TAGS : Donald trump Amerika Serikat Persetujuan Paris

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61994/AS-Resmi-Keluar-dari-Persetujuan-Paris/