AS Sanksi Komandan PMU Irak

by

in
AS Sanksi Komandan PMU Irak

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi terhadap bank Libanon karena mendukung Hizbullah dan empat orang karena mendukung Hamas pada hari Kamis. File Foto oleh Roger L. Wollenberg / UPI

Washington, Jurnas.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi pada komandan Unit Mobilisasi Populer Irak (PMU), kelompok yang beken karena perjuangannya melawan Islamic State Irak and Syria (ISIS) di Irak.

“Departemen Luar Negeri sudah memasukkan Ahmad al-Hamidawi sebagai Teroris Global Khusus (SDGT) yang ditunjuk sesuai dengan Perintah Eksekutif 13224,” kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan, Rabu (26/2).

“Penunjukan hari ini bertujuan untuk menekan Hamidawi untuk merencanakan dan melakukan serangan teroris. Di antara konsekuensi lainnya, semua properti dan kepentingannya yang ada di AS sudah diblokir, dan warga AS dilarang melakukan transaksi apa pun dengannya,” tambahnya.

Dilansir dari Press TV, Washington menuduh PMU melakukan serangan roket ke pangkalan militer AS di Irak.

AS juga menggunakan tuduhan itu sebagai alasan untuk membunuh jenderal puncak Iran Qassem Soleimani dan komandan kedua PMU Abu Mahdi al-Muhandis di bandara Baghdad pada Januari.

Baca juga.. :

PMU, lebih dikenal dengan nama Arab Hashd al-Sha`abi, adalah organisasi yang terdiri dari sekitar 40 faksi pasukan kontra-terorisme sukarela, termasuk sebagian besar Muslim Syiah selain Muslim Sunni, Kristen dan Kurdi.

Formasi kelompok kembali ke musim panas 2014, tak lama setelah ISIS, kelompok teror Takfiri yang paling terkenal di dunia, menunjukkan wajahnya dan berhasil menduduki petak-petak wilayah di Irak.

Keuntungan kilat yang dibuat oleh teroris yang didukung asing menangkap tentara nasional Irak yang lengah, mendorong pasukan pemerintah ke ambang kehancuran dan membuat negara Arab dalam kekacauan.

Pada 15 Juni tahun itu, ulama Syiah terkemuka Irak, Ayatollah Besar Ali al-Sistani turun tangan untuk membantu membangun kembali tentara nasional, mengeluarkan fatwa yang menyerukan kepada semua orang Irak untuk bergabung dengan pasukan dalam menghadapi ancaman Daesh.

Fatwa bersejarah menyebabkan mobilisasi massa pasukan sukarelawan populer di bawah panji Hashd al-Sha`abi. Pasukan kemudian bergegas membantu tentara dan memimpin banyak operasi anti-teror yang sukses, yang pada akhirnya menyebabkan runtuhnya kekuasaan teritorial ISIS dan pembebasan seluruh tanah Irak pada Desember 2017.

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Ahmad al-Hamidawi Teroris Global Khusus

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68105/AS-Sanksi-Komandan-PMU-Irak/