AS Sanksi Sektor Transportasi Udara dan Laut Iran

by

in
AS Sanksi Sektor Transportasi Udara dan Laut Iran

Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) di Washington, DC (Foto: Presstv)

Washington, Jurnas.com – Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) menekankan, sanksi baru Washington yang menargetkan industri transportasi udara dan laut Iran akan mengarah pada pembatasan perdagangan terkait barang-barang kemanusiaan.

“Orang-orang AS akan dilarang terlibat dalam transaksi yang melibatkan Republik Islam Iran Garis Pelayaran (IRISL) atau E-Sail, termasuk transaksi untuk penjualan komoditas pertanian, makanan, obat-obatan, atau peralatan medis,” kata Departemen tersebut.

“Selain itu, orang non-AS yang secara sadar melakukan transaksi tertentu dengan IRISL atau E-Sail, bahkan untuk penjualan komoditas pertanian, makanan, obat-obatan, atau peralatan medis ke Iran, berisiko terkena sanksi di bawah otoritas tambahan,” tambahnya.

Pengumuman itu hanya sehari setelah pemerintah Trump mengumumkan, pihaknya menargetkan IRISL dan maskapai besar Iran, Mahan Air, atas tuduhan yang tidak berdasar atas Teheran yang mendukung teroris di wilayah tersebut.

Perintah Rabu (12/12) menempatkan IRISL dan Mahan di bawah Perintah Eksekutif Presiden AS (EO) 13382, yang diduga menargetkan “senjata proliferasi pemusnah massal”.

Pedoman Departemen Keuangan tentang sanksi baru menekankan bahwa entitas yang ditempatkan di bawah EQ 13382 tidak akan memenuhi syarat untuk pengecualian sanksi kemanusiaan.

Pernyataan itu dikeluarkan meskipun Washington mengklaim bahwa hukuman itu tidak akan mempengaruhi akses Iran ke barang-barang kemanusiaan.

Meskipun demikian, para pejabat AS telah memberi isyarat pada banyak kesempatan bahwa sanksi Washington berusaha mengancam populasi umum Iran dalam upaya untuk memaksa Teheran menerima perintah Washington.

Awal tahun ini, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan bahwa Teheran harus mendengarkan Washington “jika mereka ingin rakyatnya makan”.

Larangan baru itu menandai putaran terakhir sanksi luas Washington terhadap negara itu setelah pemerintah AS secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran 2015 dan menerapkan kembali sanksi yang dicabut berdasarkan kesepakatan tahun lalu.

Perwakilan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook membual bahwa sanksi AS yang menargetkan sektor minyak Iran telah menyebabkan lebih dari $ 50 miliar dalam kerugian pendapatan, telah menghambat produk minyak olahan Iran dan telah merusak investasi asing.

“Investasi hulu dan hilir di sektor minyak dan gas Iran telah berhenti. Investor asing hampir seluruhnya menarik diri dari Iran karena risiko dan miliaran investasi telah hilang,” kata Hook.

Hook mengatakan, sanksi besar-besaran minyak berusaha untuk memaksa Iran untuk bernegosiasi dengan AS, sebuah permintaan yang telah ditolak para pejabat Iran selama Washington gagal menegakkan perjanjian kesepakatan nuklir yang sebelumnya dinegosiasikan.

TAGS : Sanksi Kejam AS Bantuan Kemanusian Sektor Transportasi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/63971/AS-Sanksi-Sektor-Transportasi-Udara-dan-Laut-Iran/