AS Yakin Pesawat Ukraina Dirudal Iran

0
AS Yakin Pesawat Ukraina Dirudal Iran

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.(Foto: )

Washington, Jurnas.com – Amerika Serikat (AS) berjanji akan melakukan tindakan yang tepat, usai menuding bahwa rudal Iran bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat jet Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo secara langsung menyalahkan Iran, setelah para pemimpin Kanada, Australia, dan Inggris mengumumkan kesimpulan intelijen serupa pada Kamis (9/1).

“Kami yakin kemungkinan bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh rudal Iran,” kata Pompeo dilansir dari Associated Press pada Sabtu (11/1).

Pompeo mengatakan penyelidikan akan berlanjut, dan dia “yakin bahwa kami dan dunia akan mengambil tindakan yang tepat sebagai tanggapan.”

Sehari sebelumnya, Iran membantah tuduhan Barat bahwa salah satu misilnya sendiri menjatuhkan pesawat jet Ukraina, yang jatuh Rabu pagi di luar Teheran, beberapa jam setelah Iran meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik.

“Apa yang jelas bagi kami, dan apa yang dapat kami katakan dengan pasti, adalah bahwa tidak ada rudal menabrak pesawat,” Ali Abedzadeh, kepala departemen penerbangan nasional Iran dalam konferensi pers.

“Jika mereka benar-benar yakin, mereka harus datang dan menunjukkan temuan mereka kepada dunia,” ia menambahkan.

Hassan Rezaeifar, kepala tim investigasi Iran, mengatakan pemulihan data dari perekam penerbangan kotak hitam bisa memakan waktu lebih dari sebulan, dan bahwa seluruh investigasi diperkirakan rampung tahun depan.

Dia juga mengatakan Iran dapat meminta bantuan dari para ahli internasional jika tidak dapat mengekstraksi rekaman penerbangan.


TAGS : Iran Amerika Serikat Mike Pompeo

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65460/AS-Yakin-Pesawat-Ukraina-Dirudal-Iran/

Leave A Reply

Your email address will not be published.