Bajak Tanah Suriah, Israel Bangun Pemukiman "Dataran Tinggi Trump"

by

in
Bajak Tanah Suriah, Israel Bangun Pemukiman "Dataran Tinggi Trump"

Bendera nasional Suriah dikibarkan di kota Suriah Ain Al-Tineh di seberang Majd Al-Shams di Dataran Tinggi Golan yang dicaplok Israel pada 26 Maret. (Foto: AFP)

Tel Aviv, Jurnas.com – Menteri Permukiman Israel, Tzipi Hotovely menyetujui rencana pembangunan pemukiman baru di Dataran Tinggi Golan, wilayah pendudukan Israel yang notabene milik Suriah.

Dikutip dari Al-Arabiya pada Senin (15/6), pemukiman baru tersebut akan diberi nama Trump Heights atau “Dataran Tinggi Trump“, dan diperkirakan sanggup menampung 300 kepala keluarga.

Seperti diketahui, Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam perang Timur Tengah pada 1967, dan mencaploknya pada 1981.

Sebagian besar komunitas internasional menganggap langkah itu, dan permukiman Israel di wilayah itu, ilegal berdasarkan hukum internasional.

Pada Maret 2019, Trump menandatangani perintah eksekutif yang mengakui dataran tinggi pegunungan yang strategis itu sebagai wilayah Israel.

Baca juga.. :

Langkah itu dilakukan selama kunjungan ke Washington oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hanya beberapa minggu sebelum pemilihan Israel. Keputusan itu, hanya satu dari beberapa langkah diplomatik yang menguntungkan Israel, dan mendapat sambutan luas di sana.

Persetujuan pemerintah Israel atas rencana bernilai US$2,3 juta tersebut, memajukan proyek yang diumumkan oleh Netanyahu tahun lalu dengan kemegahan dan kemeriahan yang luar biasa.

Juni lalu, Netanyahu mengadakan kabinetnya di dusun kecil Qela untuk pemungutan suara tentang rebranding komunitas, sebagai tanda penghargaan atas pengakuan Presiden Trump atas kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan.

Kota kecil Qela adalah rumah bagi kurang dari 300 orang. Sedangkan lingkungan aslinya di Bruchim, yang akan dinamai ulang menjadi Trump Heights, adalah rumah bagi segelintir orang.

Israel akan memulai langkah-langkah praktis dalam membangun komunitas Ramat Trump di Dataran Tinggi Golan, kedaulatan Israel atas yang diakui oleh Presiden Trump,” kata Netanyahu beberapa waktu lalu.

TAGS : Dataran Tinggi Trump Israel Suriah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/73770/Bajak-Tanah-Suriah-Israel-Bangun-Pemukiman-Dataran-Tinggi-Trump/