Banyak Orang Berobat ke LN, Luhut Mau Impor Dokter Super Spesialis

JawaPos.com – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah akan berfokus pada pengembangan industri kesehatan. Termasuk di dalamnya, ada rencana investasi dengan mendatangkan dokter asing.

Namun, dokter yang diizinkan praktik di tanah air adalah dokter super spesialis yang Indonesia sendiri tidak ada. Hal tersebut telah dia sampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Saya bilang ke Presiden kenapa nggak boleh, kalau yang super spesialis yang kita tidak punya? Ya biarin aja dia praktik,” ujarnya melalui video conference, Jumat (23/10).

Luhut menjelaskan, nantinya, dokter super spesialis dari luar negeri (LN) tersebut dapat mendidik dokter di Indonesia. Sehingga, dapat berujung pada peningkatan industri kesehatan tanah air. Dengan begitu masyarakat tak perlu lagi berobat ke luar negeri.

“Kan sambil dia punya kewajiban mendidik dokter kita dan supaya mencegah orang Indonesia berobat keluar,” ucapnya.

Luhut mengatakan, jumlah uang yang dikeluarkan warga negara Indonesia di luar negeri yang digunakan untuk berobat cukup besar. “Kita ini USD 4-5 miliar setahun itu buat berobat keluar. Kalau itu dibikin di dalam negeri akan membuat nilai tambah kita,” ungkapnya.

Luhut menambahkan, tidak ada salahnya mengizinkan rumah sakit internasional di Bali hingga Medan. Khusus di Medan, dia tidak ingin banyak orang Indonesia berobat ke Penang, Malaysia.

“Tapi, kita harus engage rumah sakit yang berkualitas,” tuturnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link