Bawa Bekal dari Surabaya, Risma Siap Berkantor di Jakarta

by

in

JawaPos.com–Sejak dilantik sebagai menteri sosial, mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini langsung mulai bekerja. Pada weekend dan hari libur Natal, Risma langsung merapikan segala keperluan pendukung tugasnya di Jakarta, termasuk pakaiannya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya itu mengaku belum mempersiapkan diri dengan cukup untuk boyongan ke DKI Jakarta, untuk memulai tugas sebagai menteri sosial.

”Waktu dipanggil Presiden Joko Widodo kemarin, saya belum ada persiapan. Maka dari itu, ini balik ke Surabaya, untuk bersih-bersih dan bawa keperluan saat kerja di sana,” tutur Risma pada Jumat (25/12).

Risma berencana berada di Surabaya pada Minggu (27/12). Dia akan kembali ke Jakarta pada Senin (28/12) untuk mulai bekerja. Kemungkinan besar, Risma akan bertolak ke Jakarta melalui jalur darat, sama saat ia berangkat dari Jakarta ke Surabaya. ”Kemarin balik Surabaya melalui jalur darat, kemungkinan ke Jakarta melalui jalur darat juga,” terang Risma.

Dia mengaku menggunakan jalur darat memiliki banyak kelebihan. Misalnya, dapat berhenti kapanpun. Risma berencana melakukan pemberhentian di berbagai desa untuk memastikan siapa yang membutuhkan bantuan dari kemensos.

”Sekalian melakukan pengecekan di daerah-daerah yang memerlukan bantuan,” kata Risma.

Tidak hanya itu. Risma mengaku perjalanan kembali dilakukan tanpa pengawalan. Saat melakukan wawancara pun Risma juga tidak ditemani pengawal.

Sebelumnya, Risma dan lima menteri lainnya dilantik presiden, di Istana Negara pada Rabu (23/12) pagi. Siang harinya, Risma melakukan seremoni serah terima jabatan dengan Mensos Ad Interim Muhadjir Effendy di kantor kementerian sosial.

Dalam kesempatan tersebut, Risma mengaku, penanganan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) bukan pekerjaan mudah. Dia berkaca pada jabatannya sebagai wali Kota Surabaya dalam menangani berbagai jenis PPKS seperti gelandang, pengemis, pengamen, ataupun prostitusi.

Risma menyatakan akan menuntaskan penyaluran bantuan sosial baik akhir tahun ini maupun awal 2021, dan juga pemutakhiran DTKS. ”Realisasi anggaran awal tahun itu penting untuk mengerakkan roda perekonomian,” ucap Risma.

Untuk memperkuat perekonomian masyarakat, Mensos Risma, akan memberikan perhatian kepada penguatan perekonomian. Kepada PPKS, akan ditanamkan pemahaman, bila mau mendapat penghasilan harus bekerja, bukan meminta-minta. Dengan tantangan yang berat, Risma mengajak jajarannya untuk bergandeng tangan membangun kebersamaan dan tidak ada sekat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika


Credit: Source link