Berkat Jaket Multi Fitur, Pelajar dari Bali Torehkan Prestasi di Asia Pasific

Pelajar SMAN 2 Denpasar, Adelia Putri Adnyana, Ni Nengah Akina, Sarah Fergy Naomi Simanjuntak dan Ni Komang Ayu Ariasih, menerima penghargaan Juara 2 JA Asia Pacific Company of the Year Competition 2020. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Berkat jaket multi fitur, sekelompok pelajar dari SMAN 2 Denpasar menorehkan prestasi tingkat Asia Pasific. Pengembangan bisnis dengan memasarkan jaket multi fungsi ini mampu menjadikan perusahaan yang dirintis para pelajar itu, Emi Student Company menjadi juara II kompetisi Junior Achievement 2020 Asia Pasific yang diselenggarakan secara virtual, 24-26 Agustus lalu.

Tak hanya pelajar dari Bali, pelajar dari Semarang juga berhasil meraih predikat membanggakan dalam kegiatan itu. Pelajar SMAN 3 Semarang lewat Visco Student Company, meraih penghargaan Young Entrepreneurs’ Choice Award.

Berkat kepiawaian membangun bisnis yang berdampak sosial dan berorientasi pada lingkungan, mereka sukses mengungguli 15 perusahaan siswa lainnya yang merupakan perwakilan 11 negara di regional Asia Pasifik, termasuk Brunei Darussalam, Guam, Hong Kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Tiongkok, dan Turkmenistan. Dewan juri, yang terdiri dari pengusaha, akademisi dan perwakilan komunitas bisnis di Guam, mengapresiasi kinerja bisnis kedua tim representasi Indonesia ini.

Bisnis mereka dinilai berhasil menjawab permasalahan lingkungan yang dekat dengan keseharian mereka. Juga mampu memberdayakan dan memberikan dampak ekonomi kepada komunitas dimana bisnis mereka beroperasi.

SMAN 2 Denpasar dan SMAN 3 Semarang merupakan bagian dari sekolah penerima manfaat program edukasi ‘Youth Sociopreneurship Initiative’ yang digagas oleh Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia serta didukung penuh oleh Citi Foundation. Melalui program ini, pelajar SMA dan SMK di lima kota Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Denpasar dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah.

“Penghargaan internasional atas kinerja bisnis sosial yang digagas oleh generasi muda Indonesia ini merupakan wujud dampak dari peningkatan kompetensi kewirausahaan yang diperoleh berkat partisipasi mereka dalam program Youth Sociopreneurship Initiative,” ungkap Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A. Anjungsari.

Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner mengatakan melalui program ini, para pelajar tidak hanya memperoleh pengalaman pertama berwirausaha. Tapi juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang sangat dibutuhkan. Yakni pemecahan masalah yang kompleks, pemikiran kritis, dan kreativitas.

Di tengah situasi pandemi global yang penuh tantangan, pengusaha muda ini tetap semangat dan terpanggil untuk menciptakan bisnis yang menguntungkan sekaligus berorientasi pada misi sosial dan lingkungan. “Dengan dukungan Citi Indonesia, Citi Foundation, dan Dinas Pendidikan setempat, kami berharap upaya berkelanjutan ini dapat terus menjadi wadah lahirnya wirausaha muda baru Indonesia.”

Dalam kompetisi bisnis tahunan ini, pelajar SMAN 2 Denpasar memproduksi Versatile Jacket. Jaket multi fitur yang dapat bertransformasi menjadi sebuah tas dan dapat membantu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Bahkan, inovasi terbaru bisnis mereka, Wake-y Jacket, dilengkapi dengan solar panel portabel yang dapat digunakan untuk mengisi daya telepon selular. Juga mendeteksi kantuk yang dapat meningkatkan keamanan berkendara.

Sementara itu, Pelajar SMAN 3 Semarang membawa produk andalan usaha mereka, yaitu Sight dan Soyase, yang dikembangkan dari material-material ramah lingkungan. Soyase adalah tas, dompet dan tempat pensil yang terbuat dari material hasil olahan limbah tahu. Sementara Sight merupakan lampu dekoratif hasil daur ulang kayu yang dilengkapi dengan siluet eksotis khas Nusantara.

Pelajar SMAN 3 Semarang, Firdausi Adiwijaya, Ni Putu Mahatmya Putri Rahmami, Hafidh Abimanyu Hidayat, dan Azarine Cayla Ayu Dewanti, menerima penghargaan Young Entrepreneurs’ Choice Award JA Asia Pacific Company of the Year Competition 2020. (BP/Istimewa)

President Director Emi SC, Adelia Putri Adnyana, mengatakan kesempatan ini telah memberikan wawasan baru mengenai bisnis dan menginspirasi untuk memulai karir menjadi seorang wirausaha. “Kami sangat bangga bisa mengharumkan nama Indonesia pada kompetisi ini. Tentunya, prestasi ini dapat dicapai karena dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh Citi Indonesia, Citi Foundation dan Prestasi Junior Indonesia. Kami berterima kasih atas kesempatan berharga yang diberikan kepada kami.”

Firdausi Adiwijaya, President Director Visco SC menambahkan menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi ini tidak hanya memberikan pengalaman baru, tetapi juga mimpi-mimpi baru untuk masa depan. “Pengalaman berharga ini sangat memotivasi kami untuk terus mengembangkan ilmu yang didapatkan serta menjadi generasi muda yang sukses dan bermanfaat dengan terus peduli pada isu lingkungan dan sosial.” (kmb/balipost)

Credit: Source link