BI Turunkan Bunga Acuan 0,25 Persen – KRJOGJA

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bank Indonesia menurunkan tingkat suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 basis poin (bsp) dari 4 persen menjadi 3,75 persen. Begitu juga, suku bunga Deposit Facility juga turun sebesar 25 bps dari 3,25 persen menjadi 3 persen dan suku bunga Lending Facility turun sebesar 25 bps dari 4,75 persen menjadi 4,5 persen.

“Keputusan ini mempertimbangkan prakiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, pada acara paparan hasil RDG BI secara virtual, di Jakarta, Kamis (19/11).

Dikatakan, BI tetap berkomitmen untuk mendukung penyediaan likuiditas, termasuk dukungan Bank Indonesia kepada Pemerintah dalam mempercepat realisasi APBN Tahun 2020. Di samping keputusan tersebut, Bank Indonesia menempuh pula langkah-langkah misalnya melanjutkan kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah agar sejalan dengan fundamental dan mekanisme pasar.

Memperkuat strategi operasi moneter untuk mendukung stance kebijakan moneter akomodatif. Mempercepat pengembangan pasar valas domestik melalui penguatan pasar Domestic Non Deliverable Forward (DNDF) untuk meningkatkan likuiditas dan mendorong pendalaman pasar keuangan sebagai implementasi Blueprint Pengembangan Pasar Uang (BPPU) 2025.

Credit: Source link