Calon Kapolri yang Dipilih Bertangan Dingin, Profesional, dan Loyal

by

in

JawaPos.com – Ketua Umum Arus Bawah Jokowi Michael Umbas mengaku dari lima nama yang diusulkan oleh Kompolnas, semua telah memenuhi kriteria untuk jadi Kapolri. Secara teknis dan syarat administratif sudah melalui proses yang akuntabel sesuai ketentuan undang-undang. Dari lima nama yang diterima Presiden, hanya ada satu nama yang akan dikirim ke DPR untuk mengikuti fit and proper test.

“Nama yang dikirim nanti adalah sosok yang sebetulnya sudah lama dipilih Jokowi. Jadi beliau sudah menimbang-nimbang nama Kapolri ini sejak Pak Tito (Tito Karnavian) diangkat Mendagri. Dengan kata lain calon yang sekarang sudah sreg dan merebut impresi beliau,” ujar Umbas dalam keterangannya, Sabtu (9/1).

Sosok tersebut menurut Umbas memiliki kedekatan emosional dengan Presiden, bertangan dingin, dan profesional dalam bekerja.

“Pak Jokowi selalu lihat rekam jejak. Beliau butuh figur yang memiliki kemampuan dan pengalaman serta teruji dalam menangani berbagai masalah. Lebih dari itu tentu loyalitas yang tinggi. Sosok ini pernah mendapatkan tugas khusus beliau dan mampu memenuhi harapan,” katanya.

Lalu siapa calon yang dimaksud? Umbas mengaku tidak memiliki kapasitas untuk menyebutkan. “Kan proses normatif harus dihormati. Namun sebagai pendukung pak Jokowi, kami tetap akan dukung penuh siapapun yang beliau pilih. Apalagi ada banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Kapolri baru,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional ( Kompolnas) telah menyerahkan lima nama calon Kapolri kepada Presiden Jokowi sejak Kamis (7/1). Ketua Kompolnas Mahfud MD memaparkan kelima calon penerus kepemimpinan Jenderal Pol Idham Azis, seluruhnya menyandang bintang tiga.

“Ini lima nama komjen pol (bintang tiga) yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri,” ujar Mahfud dikutip dari akun twitternya, @mohmahfudmd, Jumat (8/1).

Kelimanya adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar. Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Mahfud menyebut nama-nama yang sudah dikirimkan ke Istana sudah memenuhi syarat sebagai Kapolri selanjutnya menggantikan Idham Azis yang akan purna tugas pada akhir Januari 2021.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link