Cara Dapat Listrik Gratis Dari Pemerintah

0

Mewabahnya covid 19 ini membuat semua komponen berubah mulai dari ekonomi, pendidikan, pariwisata, politik, kesehatan dan sebagainya. Presiden jokowi telah berusaha untuk memberikan solusi dari pandemi mengerikan yang hingga saat ini vaksin belum ditemukan dan masih proses uji coba. Sistem lokdon yang diterapkan merupakan sistem yang sangat efektif karena membuat lingkup luar terhambat masuk ke dalam demi menghambat penularan korona.

Di sisi lain ada peraturan yang presiden jokowi buat tentang tarif listrik yang kini dikatakan gratis selama 3 bulan. Listrik gratis ini meliputi semua jenis baik prabayar maupun pascabayar. Tarif listrik gratis ini diberlakukan mulai bulan april – juni 2020. Mungkin beberapa masyarakat masih belum tahu tentang bagaimana cara mendapatkan listrik gratis ini karena informasi telah disebutkan melalui berita di televisi dan kemungkinan warga yang tidak memiliki televisi atau smartphone akan bingung bagaimana cara mendapatkan listrik gratis tersebut.

 

Golongan 450 Volt

Untuk golongan rumah tangga listrik 450 va ini tidak semua juga mendapatkan listrik gratis baik yang meteran atau pulsa. Namun, mayoritas listrik 450 va pulsa dan meteran dengan pemakaian di atas 70-80 kwh mendapatkan subsidi nomor token gratis melalui website PLN atau whatsapp dari PLN. Jika setiap bulannya Anda hanya membayar listrik sebesar Rp. 10 ribu maka tetap dibebankan untuk membayar. Tidak ada listrik gratis untuk golongan 450 va yang beban pembayarannya sangat murah demikian. Selain itu, golongan tidak mampu yang mendapatkan kartu PKH, juga mendapatkan token listrik gratis selama 3 bulan dengan mengambil token melalui websitenya di PLN.co.id. 

Ada syarat mendapatkan listrik gratis atau aturan khusus dalam penerimaan bantuan listrik gratis, daya tertinggi pada bulan terakhir akan diambil dan dinyatakan sebagai kapasitas maksimal dalam pemakaian listrik di rumah Anda. Hal ini, jika Anda memasukkan nomor ID pelanggan pulsa listrik dengan pemakaian boros maka tidak akan mendapatkan bantuan berikutnya. Misalnya, dalam satu bulan Anda mendapatkan listrik 20 ribu 450 va untuk pemakaian 2 minggu. Namun, karena hal tertentu maka sebelum 2 minggu jatah kuota listriknya habis maka tidak bisa diberikan kembali, Anda harus membeli token di konter pulsa. Barulah bulan berikutnya Anda bisa mendapatkan listrik gratis kembali menyesuaikan pemakaian.

 

Golongan 900 Volt

Untuk golongan 900 va mendapatkan subsidi diskon sebesar 50% dari pemerintah. Misalnya, Anda memakai listrik 900 va dengan tarif per bulan sebesar Rp. 250 ribu maka Anda wajib membayar separuhnya saja sebesar Rp. 125 ribu. Hal ini berlaku untuk semua jenis listrik meteran dan pulsa. Proses pengambilan token listrik juga sama dengan listrik 450 va namun total pembayaran hanya separuhnya saja. Berbeda dengan golongan listrik di atas 900 va tidak ada subsidi listrik gratis atau diskon, semua sama saja artinya bulan lalu membayar Rp. 600 ribu maka bulan april-juni 2020 tetap sama.

 

Cara Mendapatkan Token Listrik Dari PLN Gratis

Cara Dapat Listrik Gratis Dari Pemerintah
Andalan-News-Foto-ilustrasiStop-Kontak-Saklar

 

1. Melalui Website PLN

  • Buka google, ketika PLN dan cari
  • Akan muncul di halaman utama pln.co.id dan klik saja
  • Tampilan layar website ini dibuat lebih sederhana agar bisa dipahami oleh semua orang
  • Ada 3 opsi yaitu profil perusahaan, pelayanan pelanggan dan stimulus covid 19(token gratis/ diskon)
  • Anda klik yang bagian stimulus covid 19 (token gratis/ diskon)
  • Akan muncul kotak dialog dengan kolom yang begitu banyak
  • Anda fokus pada kolom kanan atas dengan tulisan “identitas pelanggan”, masukkan di kolom sampingnya nomor listrik rumah Anda.
  • Pada kolom sebelah kiri ada kode yang cukup unik, cermati dan masukkan ke kolom sebelahnya “masukkan kata di samping”
  • Anda klik “cari”
  • Untuk kolom bawah lainnya tidak perlu diisi cukup pada bagian atasnya saja.
  • Tunggu beberapa saat, jika Anda adalah penerima token listrik gratis maka nomor token akan muncul secara otomatis.
  • Apabila Anda tidak termasuk dalam penerima listrik gratis atau diskon maka akan muncul kalimat “Mohon maaf informasi belum tersedia dan akan diperbaharui secara bertahap paling lambat 11 April 2020. Kompensasi dalam bentuk pembebasan tagihan listrik diberikan kepada pelanggan daya 450 VA dan Kompensasi dalam bentuk pengurangan tagihan listrik kepada pelanggan daya 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)”. 

 

2. Melalui Whatsapp PLN

  • Unduh aplikasi whatsapp
  • Masukkan nomor kontak 08122-123-123
  • Masukkan nomor meteran listrik atau nomor pelanggan id Anda dan tunggu beberapa saat
  • Jika Anda adalah kandidat pelanggan gratis, nomor token akan muncul pada balasan
  • Nomor token bisa Anda masukkan ke alat meteran

 

Itulah dua cara dapat listrik gratis dari pemerintah, sedangkan jika Anda tidak memiliki smartphone bisa meminta tolong kepada teman atau konter pulsa. Penjual pulsa telah memiliki aplikasi lebih lengkap untuk mengecek listrik meteran (non pulsa). Beberapa warga yang terlanjur pasang listrik 900 va dengan meteran juga terkadang sulit untuk mengeceknya ya, maka bisa datang ke konter pulsa atau masukkan ke dalam website PLN tersebut.

 

Bagaimana Cara Pembayaran Listrik Diskon 50%?

Cara Dapat Listrik Gratis Dari Pemerintah
Andalan-News-Ilustrasi- Foto

Saat Anda mendapatkan diskon 50% maka cara pembayaranya bisa lewat apa saja, trasfer m-banking, minimarket, konter pulsa, ATM centre, aplikasi jual beli. Jangan lupa untuk menyimpan struk atau bukti pembayaran 50% tersebut guna menjadi bukti apabila ke depannya ada masalah.

Keringanan beban listrik ini diberikan kepada warga indonesia guna bisa mengatur keuangan saat krisis ekonomi karena pandemi korona. Saat uang untuk membayar listrik tidak ada maka bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti sembako dan bahan makanan lainnya. Menurut data statistika penularan korona hingga bulan akhir bulan april 2020 ini telah teridentifikasi korban sebanyak 9 ribu lebih dan diantara mereka sudah seribuan sembuh dari sakit korona. Angin segar yang kembali kita hirup adalah jumlah pasien yang meninggal dan sembuh semakin banyak yang sembuh.

 

Apakah Kita Perlu Menghemat Kendati Ada Diskon Dan Gratisan?

Cara Dapat Listrik Gratis Dari Pemerintah
Analan-News-foto-ilustrasi-menabung

Ya, sangat perlu sekali. Pandemi korona yang sedang merajalela ini bukan berarti tidak memiliki efek pada keberlangsungan listrik di indonesia. Banyak sekali tempat usaha yang merampingkan karyawan karena produk yang mereka jual tidak seperti biasa, selain itu setiap kali produksi selalu memakai listrik sebagai sumber energi. Antara pemasukan untuk membayar beban full listrik besar dengan gaji tidak akan sesuai maka dengan menyusutkan produksi akan membuat listrik menjadi lebih irit. Penyusutan produksi ini pastinya berdampak pada pengurangan tenaga. Adapun tempat usaha yang masih bertahan sangat diapresiasi oleh presiden jokowi sebagai tempat usaha yang mampu bertahan dalam kondisi sulit. Perampingan karyawan akan membuat tingginya angka kemiskinan karena lahan pekerjaan mereka harus hilang dan tidak ada pemasukan secara kontinyu.

Penghematan listrik rumah tangga juga diperlukan untuk memperpanjang waktu daya, jika pada bulan normalnya Anda mampu bertahan dengan tarif Rp. 150 ribu per bulan namun dengan adanya hemat super maka bisa dipakai hingga bulan berikutnya. Hal ini membantu sisa keuangan Anda menjadi lebih tertata dengan baik dan bisa untuk mendonasikan buat sembako mereka.

 

Cara Apa Saja Yang Bisa Kita Pakai Untuk Menghemat Listrik?

Cara Dapat Listrik Gratis Dari Pemerintah
Andalan-News-foto-ilustrasi

Bukan pelit ya tetapi berhemat adalah cara paling tepat untuk kondisi saat ini, pandemi korona membuat semua alur menjadi rusak dan terganggu. Kita harus pintar dan bijaksana dalam mengatur kondisi rumah mulai dari listrik yang dipakai seperlunya saja.

Anda bisa pakai cara ini untuk menghemat atau memperpanjang usia daya listrik:

  • Matikan Lampu Siang Hari

Lampu bisa Anda matikan saat siang hari kecuali hari gelap seperti hujan, pastinya lampu yang menyala tidak banyak, cukup pada bagian yang utama saja. Satu rumah bisa terdiri dari 15 buah lampu, jika Anda rajin mematikan usai malam maka penghematan bisa berkurang menjadi 50%. Lampu dengan daya lebih rendah akan membuat Anda tidak kepanasan dan masih bisa menerangi daripada lampu dengan daya tinggi. Perkirakan berapakah daya lampu untuk kamar tidur, misalnya cukup 10 watt atau 15 watt, mungkin jika Anda tidak suka gelap bisa menggantikan lampu tidur yang kecil sekali, 5 watt atau 2,5 watt.

  • Cabut Kabel Dari Stop Kontak

Kebiasaan buruk orang jaman sekarang adalah menancapkan charger atau alat elektronik dalam kondisi off padahal hal ini tetap menyedot listrik. Listrik yang mengalir ke alat memang tidak keluar dipakai tetapi dari stop kontak yang masih aktif atau on akan tetap mengalir dalam jumlah yang sama, hanya saja tidak terpakai alias terbuang sia-sia.

  • Pakai Alat Elektronik Seperlunya

Anda bisa pakai alat seperlunya saja tidak usah di dobel-dobel, jika Anda ingin setrika ya setrika saja tidak perlu menghidupkan televisi, radio atau speaker. Belajar untuk menghemat daya dalam jangka waktu yang lama karena pandemi korona. Anda bisa bisa nonton televisi saja tanpa harus menyambi menghidupkan mesin cuci karena daya yang keluar akan lebih besar. Mencuci dahulu kemudian baru menonton televisi. Memang akan terasa membosankan tetapi sementara direm dulu saja keinginan kecuali Anda punya radio dengan daya cadangan seperti radio charge tak masalah.

  • Isi Daya Cadangan Untuk Menggantikan Listrik

Anda bisa mengisi daya cadangan seperti senter, ponsel untuk menerangi saat malam tiba menjelang tidur. Memakai senter dengan baterai yang hanya berkekuatan 3 volt bisa bertahan hingga 2 hari jika hanya menerangi malam saja. Berbeda dengan lampu butuh daya lebih besar.

Kendati Anda mampu untuk membayar tagihan listrik hingga ratusan ribu atau jutaan sekalipun akan lebih berguna jika mencoba menghemat. Hasil penghematan itu bisa Anda donasikan kepada mereka yang membutuhkan dalam jangka waktu lama. Misalnya, Anda bisa menghemat tagihan listrik hingga Rp. 300 ribu setiap bulan maka sebesar itu bisa Anda berikan sembako untuk 6 orang secara rutin setiap bulan. Bantulah sesama dengan Anda belajar berhemat, uluran tangan Anda lebih dihargai buat mereka yang sangat membutuhkan.

Semoga berhasil dan bermanfaat dari membaca artikel ini!

 

1. Bagaimana Cara Mendapatkan Token Listrik Dari PLN Gratis?

Anda bisa mengechek Melalui Website PLN dan Melalui Whatsapp PLN.

2. Bagaimana Cara Pembayaran Listrik Diskon 50%?

Saat Anda mendapatkan diskon 50% maka cara pembayaranya bisa lewat apa saja, trasfer m-banking, minimarket, konter pulsa, ATM centre, aplikasi jual beli. Jangan lupa untuk menyimpan struk atau bukti pembayaran 50% tersebut guna menjadi bukti apabila ke depannya ada masalah.

3. Apakah Kita Perlu Menghemat Kendati Ada Diskon Dan Gratisan?

Saat Anda mendapatkan diskon 50% maka cara pembayaranya bisa lewat apa saja, trasfer m-banking, minimarket, konter pulsa, ATM centre, aplikasi jual beli. Jangan lupa untuk menyimpan struk atau bukti pembayaran 50% tersebut guna menjadi bukti apabila ke depannya ada masalah. 3. Apakah Kita Perlu Menghemat Kendati Ada Diskon Dan Gratisan? Ya, sangat perlu sekali. Pandemi korona yang sedang merajalela ini bukan berarti tidak memiliki efek pada keberlangsungan listrik di indonesia. Banyak sekali tempat usaha yang merampingkan karyawan karena produk yang mereka jual tidak seperti biasa, selain itu setiap kali produksi selalu memakai listrik sebagai sumber energi. Antara pemasukan untuk membayar beban full listrik besar dengan gaji tidak akan sesuai maka dengan menyusutkan produksi akan membuat listrik menjadi lebih irit. Penyusutan produksi ini pastinya berdampak pada pengurangan tenaga.

4. Cara Apa Saja Yang Bisa Kita Pakai Untuk Menghemat Listrik?

Matikan Lampu Siang Hari, Cabut Kabel Dari Stop Kontak, Pakai Alat Elektronik Seperlunya, Isi Daya Cadangan Untuk Menggantikan Listrik

5. Apakah Itu Token Listrik?

Token listrik adalah sebuah satuan pembayaran yang dipergunakan untuk mengisi ulang daya listrik pada layanan PLN prabayar. Pada token listrik ini, Anda akan mendapatkan 20 digit angka stroom/kode token yang akan digunakan untuk melakukan pengisian daya listrik pada alat Meter Prabayar (MPB) Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.