Cara Membuka Internet Positif

0

Pernahkan anda membuka suatu situs web tapi lalu diarahkan ke sebuah halaman lain yang menerangkan jika situs tersebut terlarang? Atau anda mungkin memiliki akun pada suatu situs web namun saat ini ternyata sudah tidak dapat dibuka karena website tersebut terkena internet positif? Itu berarti anda harus memahami tentang internet positif, seperti pengertian, bagaimana  cara membuka website internet positif dan hal-hal lainnya.

 

Apa itu Internet Positif?

Photo by John Schnobrich on Unsplash
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Internet positif merupakan suatu kebijakan dari Kominfo yang digunakan untuk mengendalikan konten-konten dari website. Ada 3 aspek tujuan dari internet positif yaitu:

  1. Internet yang aman, perlindungan serta penghematan, internet aman dan sehat dengan perlindungan pada akses internet yang berdasarkan daftar informasi sehat serta terpercaya.
  2. Penghematan pada pemborosan penggunaan akses internet atau internet utilization di Indonesia.
  3. Perlindungan terhadap masyarakat pada nilai-nilai moral, etika, serta kaedah-kaedah tidak sesuai citra Bangsa Indonesia.

Website yang biasanya terkena internet positif atau terblokir adalah yang dianggap memiliki atau mengandung konten yang berbau perjudian, privasi, pornografi, SARA maupun konten yang tidak sesuai nilai-nilai dari bangsa Indonesia.

Bagi anda yang sangat suka dengan kegiatan browsing internet, tentu anda sering memiliki keinginan kuat untuk membuka website yang terblokir oleh internet positif tersebut. Untuk itu, anda perlu tahu bagaimana saja cara membuka internet positif. Ada beberapa cara untuk membuka serta menghilangkan internet positif baik di PC ataupun di android. Berikut ini adalah pembahasannya!

 

Cara untuk Membuka Internet Positif di PC

Photo by NordWood Themes on Unsplash
Photo by NordWood Themes on Unsplash

Membuka website yang terkena internet positif di PC ada beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa cara membuka internet positif di pc. Mari simak!

  1. Menggunakan Ekstensi VPN

Cara yang pertama untuk menghilangkan internet positif adalah dengan menggunakan fitur Ekstensi di browser Google Chrome. Fitur ini akan membuat anda dapat menambahkan fungsi baru di Google Chrome tanpa harus install software atau perangkat lunak di PC anda. Anda hanya perlu install ekstensi VPN ke Google Chrome yang bisa dicari di Chrome Web Store. Tetapi ekstensi VPN yang disarankan untuk digunakan adalah Browser VPN. Hal itu karena ekstensi ini lebih cepat daripada kebanyakan VPN yang gratis lainnya, serta lebih aman dan mudah untuk digunakan. Selain itu, ekstensi ini mempunyai 12 lokasi yang tersedia bagi pelanggannya yang berlangganan premium. Bahkan pelanggan gratis mendapatkan empat lokasi server yaitu Singapura, Belanda, Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris. Lalu bagaimana langkah-langkah membuka internet positif dengan Browser VPN? Berikut adalah pembahasannya!

  • Buka lebih dahulu Google Chrome yang ada di PC atau komputer milik anda.
  • Kemudian klik ikon menu yang berupa titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih Fitur lainnya – Ekstensi, setelah itu akan terbuka tab baru.
  • Selanjutnya klik ikon menu yang berupa garis tiga di pojok kiri atas.
  • Setelah itu, klik Buka Chrome Webstore yang berada di bawah, lalu akan terbuka tab yang baru.
  • Kemudian di kolom pencarian, ketikkan Browsec lalu enter.
  • Sesudah itu, akan muncul notifikasi, lalu pilih Tambahkan ekstensi. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  • Jika sudah berhasil akan muncul ikon baru yang terletak di sebelah kanan atas browser Chrome. Anda bisa klik ikon tersebut.
  • Lalu akan muncul tampilan menu Browser VPN. Untuk membuka internet positif, anda bisa klik Protect me atau dengan menggeser tombol OFF ke ON. Dengan begitu anda sudah berhasil membuka internet positif di Google Chrome.

Ketika anda menggunakan Browser VPN untuk membuka internet positif disarankan untuk memilih server Singapura yang lebih dekat dengan Indonesia. Lalu untuk mematikannya cukup mudah yaitu anda hanya perlu klik ikon Browsec yang terletak di bagian kanan atas, kemudian anda dapat menggeser tombol ON ke OFF.

  1. Menggunakan Web Proxy

Cara untuk membuka internet positif yang kedua adalah dengan menggunakan layanan Web Proxy. Apa itu Web Proxy? Web Proxy merupakan salah satu metode yang dapat untuk menyembunyikan alamat IP anda dari situs web yang dikunjungi. Maksudnya, ketika anda menggunakan Web Proxy, maka situs web yang anda kunjungi tidak dapat untuk melihat lokasi anda. Hal itu karena proxy akan membuatnya seperti terlihat anda mengakses halaman di tempat lain. Untuk saat ini sudah banyak penyedia jasa layanan Web Proxy yang gratis di internet. Tidak perlu khawatir apabila tidak berhasil menggunakan satu Web Proxy karena dapat menggunakan yang lainnya. Lalu bagaimana langkah-langkahnya? Berikut adalah pembahasannya untuk anda.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi browser Google Chrome di PC atau komputer milik anda.
  • Di kolom pencarian, ketikalah Web Proxy lalu kemudian enter.
  • Setelah itu akan muncul hasil-hasil pencarian tentang penyedia jasa layanan untuk Web Proxy dan anda dapat pilih salah satunya untuk digunakan.
  • Kemudian pada kolom Enter URL, anda bisa memasukkan alamat dari situs web yang terkena internet positif. Setelah itu klik GO atau perintah lainnya yang ada.
  • Lalu sesudah itu, anda akan diarahkan ke halaman dari situs yang tidak dapat dibuka sebelumnya karena terblokir atau terkena internet positif.
  1. Menggunakan DNS Google

Cara selanjutnya untuk membuka internet positif adalah dengan menggunakan DNS Google. Cara ini tidak kalah ampuh dari cara yang sebelumnya yaitu membuka dengan menggunakan Web Proxy. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, anda buka dahulu control panel lalu pilih Network dan Internet, kemudian klik Network and Sharing Center.
  • Setelah itu, pilih opsi Change Adapter Setting, lalu klik kanan di opsi Ethernet/Wireless Device-Properties.
  • Selanjutnya pilih internet protocol ver.4 [TCP/IPv4], kemudian klik properties.
  • Pilih Use the Following DNS Server Adresses.
  • Lalu masukkan DNS Google ke preferred DNS Server dengan menggunakan kode [8.8.8.8]
  • Anda pun dapat menggunakan Open DNS dengan melalui kode DNS [208.67.222.222]
  • Untuk langkah terakhir, klik OK, lalu resrt koneksi internet dengan dimatikan lalu dihidupkan kembali.
  1. Menggunakan Ekstensi AnonymoX

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan Ekstensi AnonymoX. Dengan menggunak ekstensi ini, browser Mozilla Firefox maupun Google Chrome anda akan secara otomatis terhubung dengan berbagai VPN negara lain. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka internet positif dengan Ekstensi AnonymoX.

  • Langkah yang pertama, cari terlebih dahulu di Google Chrome ekstensi AnonymoX
  • Kemudian, unduh dan install AnonymoX di browser anda.
  • Selanjutnya setelah berhasil diinstall, temukan tanda X yang terletak di pojok kanan atas browser. Pilih secara bebas negara mana yang akan anda gunakan VPN-nya.
  • Lalu pilih ON supaya VPN menjadi aktif dan dapat digunakan. Dengan begitu anda dapat membuka situs web yang terblokir atau terkena internet positif.

Seperti yang dikatakan di atas, jika membuka dan menghilangkan internet positif tidak hanya dapat dilakukan di PC namun juga android anda. Menghilangkan internet positif di android dapat menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Tapi, bagi anda yang tidak terlalu suka menambah banyak aplikasi di ponsel android mungkin dapat menggunakan cara menghilangkan internet positif di hp tanpa aplikasi. Untuk itu, di bawah ini adalah pembahasannya!

 

 

Cara untuk Menghilangkan Internet positif di Ponsel Tanpa Aplikasi

Cara Membuka Internet Positif
Photo by Clem Onojeghuo on Unsplash

Cara-cara untuk menghilangkan internet positif di ponsel dengan tidak menggunakan aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk di android saja namun juga di aplikasi browser lainnya bahkan di iOS. Dengan cara ini tidak akan cepat membuat penuh memori HP anda karena tidak perlu install aplikasi VPN atau yang lainnya untuk membuka web yang terblokir karena internet positif.

  1. Menggunakan CroxyProxy

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan CroxyProxy yang dapat dicari di browser. Langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Google Chrome lalu kunjungi situs CroxyProxy
  • Geser layar ke bawah, lalu pada kolom yang tersedia masukan link situs web yang ingin anda kunjungi namun terblokir.
  • Kemudian jika sudah, klik GO. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai
  • Setelah itu, web yang terblokir sudah dapat terbuka.
  • Untuk navigasi, anda dapat menggunakan address bar di bagian kanan atas.
  1. Menggunakan ProxySite

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan ProxySite. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara ketika menggunakan CroxyProxy. Inilah langkah-langkahnya.

  • Langkah yang pertama, buka terlebih dahulu browser di android atau ponsel anda seperti Google Chrome.
  • Setelah itu, kunjungi situs ProxySite.
  • Kemudian sesudah berhasil masuk, anda dapat mengubah server proxy di sebelah kiri. Lalu isi URL atau link dari situs yang ingin dibuka, selanjutnya klik GO.
  • Tunggu sampai proses selesai dan halaman situs dimuat oleh ProxySite, lalu anda dapat melakukan navigasi ke situs yang terblokir lainnya di bar yang ada di bagian atas.

Membuka situs yang terkena internet positif tanpa menggunakan aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah kekurangan dan kelebihannya tersebut.

  1. Kelebihan Membuka Situs Diblokir Tanpa Aplikasi
  • Pertama tentunya dapat dibuka tanpa menggunakan aplikasi yang artinya anda tidak perlu mengunduh aplikasi untuk dapat membuka situs yang diinginkan. Anda dapat membuka dengan melalui browser bawaan seperti Opera, Google Chrome, Internet Explorer dan lainnya.
  • Keamanan yang lebih terjamin.. Hal itu karena data pribadi atau IP address tidak terdeteksi karena disembunyikan oleh proxy.
  1. Kekurangan Membuka Situs Diblokir Tanpa Aplikasi
  • Waktu loading situs yang lama jika dibandingkan dengan melakukan pencarian untuk situs yang seperti biasanya.
  • Tidak adanya fitur multitab, Menggunakan web proxy hanya dapat dilakukan di dalam satu tab saja.

 

 

Itulah cara-cara membuka dan menghilangkan internet positif android maupun di PC. Meski adanya internet positif membuat anda yang gemar browsing menjadi sedikit kurang leluasa. Namun, tujuan dari adanya hal ini sangatlah bagus yaitu agar kita sebagai pengguna internet dapat menggunakan internet seperti browsing dengan aman dan tetap pada nilai-nilai moral serta etika yang sesuai dengan citra bangsa Indonesia.

 

1. Apa itu Internet Positif?

Internet positif merupakan suatu kebijakan dari Kominfo yang digunakan untuk mengendalikan konten-konten dari website.

2. Apa saja aspek tujuan dari internet positif?

-Internet yang aman, perlindungan serta penghematan, internet aman dan sehat dengan perlindungan pada akses internet yang berdasarkan daftar informasi sehat serta terpercaya. - Penghematan pada pemborosan penggunaan akses internet atau internet utilization di Indonesia - Perlindungan terhadap masyarakat pada nilai-nilai moral, etika, serta kaedah-kaedah tidak sesuai citra Bangsa Indonesia.

3. Website apa saja yang terkena internet positif?

Website yang biasanya terkena internet positif atau terblokir adalah yang dianggap memiliki atau mengandung konten yang berbau perjudian, privasi, pornografi, SARA maupun konten yang tidak sesuai nilai-nilai dari bangsa Indonesia.

4. Apa tujuan dari internet positif?

Tujuannya yaitu agar kita sebagai pengguna internet dapat menggunakan internet seperti browsing dengan aman dan tetap pada nilai-nilai moral serta etika yang sesuai dengan citra bangsa Indonesia.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.