Cara Mendaftar CPNS Online

0

Di tengah zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, orang semakin dimanjakan dengan berbagai kecanggihan dan kemudahan dalam menjalankan berbagai macam hal. Termasuk keberadaan daring yang semakin mempermudah seseorang memperoleh informasi. Anda cukup duduk manis di depan komputer, baik pc, laptop, atau bahkan gadget, yang tentunya sudah terkoneksi dengan internet. Maka berbagai macam informasi, mulai dari kegiatan membaca buku, berbelanja, bersosialisasi, bekerja, termasuk dalam hal mencari kerja pun, dapat dengan mudah dilakukan dengan mudah. Selain itu masih ada banyak sekali hal lain yang tentunya dapat Anda lakukan dengan menggunakan fasilitas daring tersebut.

ara mendaftar CPNS online
Photo by Alex Kotliarskyi on Unsplash

Jika membahas tentang kegiatan mencari pekerjaan di melalui dunia maya, terutama Anda yang saat ini ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil / PNS atau juga disebut dengan Aparatur Sipil Negara / ASN, kini tidak perlu repot-repot. Jika dahulu Anda harus mendatangi kantor BKN / Badan Kepegawaian Negara, guna mencari tahu berbagai macam informasi pekerjaan yang ada, atau bahkan untuk mencari lowongan pekerjaan.

Kegiatan mencari kerja secara offline tersebut tentunya sangat merepotkan, terutama bagi Anda yang tinggal jauh di luar kota, atau bahkan di luar pulau Jawa. Selain itu, kegiatan mencari lowongan pekerjaan dan proses melamar kerja seperti ini, juga cukup menyita energi Anda. Mulai dari harus meluangkan waktu tersendiri, untuk mengunjungi kantor BKN, yang umumnya membutuhkan waktu 1 hari penuh. Selain itu, Anda juga harus menyediakan dana lebih, untuk proses akomodasi, transportasi dan juga biaya lainnya. Tentunya ini akan menjadi hal yang cukup menyulitkan bagi sebagian orang.

cara mendaftar CPNS online
Photo by Bench Accounting on Unsplash

Kini berbagai kegiatan yang menyangkut pencarian kerja secara offline tersebut, tidak perlu Anda lakukan lagi, terutama mencari lowongan PNS. Anda dapat mencari informasi lowongan kerja PNS, melalui situs resmi di BKN, tepatnya di SSCN.BKN.go.id. Pastinya menggunakan layanan online seperti ini sangat mudah, cepat, dan sangat efisien, tidak seperti sebelumnya, yang membutuhkan waktu seharian untuk mencari pekerjaan tersebut. Seperti yang selintas disebutkan di atas, Anda hanya perlu duduk manis di depan gadget, PC atau juga laptop yang tentunya sudah terhubung dengan internet sebelumnya. Berikut adalah cara mendaftar calon PNS yang perlu Anda ketahui.

Cara daftar CPNS di SSCN.BKN.go.id

Sebelum masuk ke berbagai informasi lainnya, seperti tentang bagaimana mencari informasi instansi yang yang sedang membuka lowongan dan hal lainnya. Maka hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mendaftarkan diri di website CPNS, yaitu SSCN.BKN.go.id. Dengan mendaftarkan diri di website ini, Anda akan dapat dengan mudah memperoleh dan mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Adapun cara mendaftar cpns online ini tidak terlalu mudah. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan.

  1. Pertama-tama buka halaman resmi dari BKN atau Badan Kepegawaian Negara tersebut. Dalam hal ini Anda akan membuka link websitenya di sscn.bkn. go . id. Cukup ketik informasi tersebut, atau salin informasi tersebut di mesin pencari, maka halaman website yang dibutuhkan akan langsung tertera.
  2. Setelah halaman terbuka, berikutnya cari ikon kolom ‘Pahami Tata Cara Registrasi’, yang terletak di bagian kiri bawah halaman utama. Disini Anda akan diajak untuk memahami dan mempelajari tata cara registrasi, untuk para pelamar baru seperti Anda.
  3. Setelah menemukan kolom yang dimaksud, berikutnya, klik pada bagian yang bertuliskan ‘Pelamar harus membaca dan memahami tata cara registrasi SSCN untuk tahun, yang dapat dilihat di sini’.
  4. Setelah diklik, maka Anda akan masuk ke halaman berikutnya, yaitu laman ‘alur registrasi’. Berikutnya klik pada bagian download ‘buku petunjuk pendaftaran SSCN (tahun)’. Ini adalah buku petunjuk yang harus Anda baca dan pelajari lebih dalam. Agar dapat akun SSCN secara tepat.
  5. Berikutnya Anda akan langsung membuat akun SSCN. Kali ini, Anda akan mengklik ‘Pendaftaran Akun SSCN’ yang ada di bagian bawah halaman. Pada halaman berikutnya Anda akan mengisi beberapa data tertentu, seperti Nomor Induk Kependudukan, Nomor kartu Keluarga, nama lengkap, tanggal lahir, dan termasuk mengisi captcha. Berikutnya Anda hanya perlu mengikuti alur yang ada. Hingga proses pembuatan akun tersebut dinyatakan selesai.
  6. Setelah akun tersebut berhasil Anda dapatkan, selanjutkan adalah mengecek akun, dengan cara melakukan Log In ke laman SSCN. Masukkan password dan juga NIK yang telah dibuat sebelumnya.
  7. Setelah berhasil masuk, ke akun SSCN milik Anda, maka langkah berikutnya adalah melakukan ‘Daftar Instansi’.
  8. Tidak lupa, dalam hal ini, Anda juga harus mengecek ‘Resume’.
  9. Lalu berikutnya mengirim ‘Data’.
  10. Yang terakhir adalah mencetak kartu, tepatnya ‘Kartu Pendaftaran SSCN’, pastikan dalam hal ini, Anda mempunyai Printer, atau setidaknya komputer yang terhubung dengan printer.

Cara membuat akun SSCNS

Salah satu hal yang Anda lakukan ketika melakukan pendaftaran di website BKN, maka Anda akan diminta untuk membuat akun SSCNS. Selintas, untuk membuat akun tersebut sudah dijelaskan di atas, namun kali ini, akan dibuat informasinya secara lebih detail. Sehingga Anda akan lebih mengerti bagaimana cara dan hal-hal yang sebaiknya diisi, pada kolom-kolom yang ada. Berikut adalah cara membuat akun sscn yang dimaksud :

  • Pertama-tama pilih menu Registrasi.
  • Berikutnya isi kolom yang ada sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Dalam hal ini Anda perlu mengisi NIK ( Nomor Induk Kependidikan), Nomor KK atau juga mengisi dengan NIK Kepala Keluarga.
  • Cantumkan alamat email Anda, dan pastikan e-mail tersebut masih aktif.
  • Lalu buat password.
  • Anda juga perlu mengunggah pass photo dengan ukuran 120 kb. Formatnya  menggunakan JPG atau juga JPEG.
  • Setelah berbagai macam informasi yang dibutuhkan selesai, berikutnya Anda harus mencetak Kartu Informasi Akun SSCN. Dalam hal ini, Anda harus menghubungkan dengan printer, atau setidaknya menggunakan perangkat komputer yang terkoneksi dengan printer, guna mencetak kartu tersebut.

Sedikit catatan, sebaiknya isi berbagai kolom tersebut dengan benar dan sesuai dengan apa yang diminta, agar proses pendaftaran berikutnya jadi lebih mudah untuk Anda.

Cara melakukan daftar instansi

Setelah mendaftar di website resmi BKN, dan memperoleh akun SSCN,  berikutnya Anda akan mulai mencari tahu dan mendaftar di instansi yang diinginkan. Dalam mencari informasi di sscn bkn go id lowongan ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain :

  • Pertama-tama unggah foto diri yang tengah memegang KTP dan juga kartu pendaftaran SSCN.
  • Berikutnya cantumkan juga informasi akun yang Anda miliki, sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan pendaftaran sebelumnya.
  • Dalam hal ini, Anda juga diminta untuk mengisi biodata lainnya.
  • Berikutnya pilih, instansi yang diinginkan, formasi, dan jabatan yang diinginkan, dan pastikan semuanya sesuai pendidikan yang Anda miliki.
  • Lengkapi juga berbagai data Anda, pada formulir yang telah tersedia.
  • Tidak lupa, Anda juga harus mengunggah berbagai macam dokumen yang diperlukan, dan pastikan sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak instansi.
  • Cek juga isian yang telah Anda lengkapi sebelumnya pada formulir resume.
  • Terakhir, cetak kartu pendaftaran SSCN. Sama sebelumnya, pastikan perangkat komputer atau gadget Anda terhubung dengan printer.

Dokumen yang harus dilampirkan saat melakukan daftar instansi

Berikut ini adalah berbagai macam dokumen yang sebaiknya dilampirkan ketika Anda mendaftar di instansi yang diminta. Adapun dokumen yang dimaksud, antara lain :

  • Kartu Tanda Penduduk / KTP
  • Kartu Keluarga
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto, Dokumen lain yang diminta dan telah ditentukan oleh pihak instansi yang akan dilamar.

Dalam hal ini, berbagai dokumen yang diminta akan ditentukan berdasarkan ukuran dan jenis file tertentu, yang pastinya dapat diunggah ke sistem yang dimaksud :

  • KTP, ukurannya sekitar 200 kb, dengan tipe file jpeg, jpg
  • Pass photo, ukurannya sama sekitar 200 kb, dengan tipe file jpeg, jpg
  • Ijazah, ukurannya sekitar 700 kb, dengan tipe file pdf
  • Transkrip nilai, ukurannya sekitar 500 kb, dengan tipe file pdf
  • Resume, ukurannya sekitar 300 kb, dengan tipe file pdf
  • Dokumen lainnya, ukurannya sekitar 700 kb, dengan tipe file pdf

Tips daftar CPNS di SSCN.BKN.go.id

Guna memudahkan Anda dalam proses pendaftaran, agar tidak terkendala berbagai macam hal. Maka Anda harus memperhatikan berbagai macam syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut adalah tips yang harus diperhatikan :

  1. Periksa kembali berbagai macam hal yang diminta, mulai dari mengisi kolom, dan mengunggah dokumen yang ada. Karena ketika Anda sudah meng-klik tombol ‘Ya’, maka Anda tidak dapat mengubah data yang telah dituliskan kembali.
  2. Anda juga perlu memastikan bahwa semua ukuran dokumen yang akan diunggah di aplikasi sscn bkn go id, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, agar tidak gagal upload.
  3. Sebaiknya gunakan foto khusus, ketika mengambil sesi pass photo, pilih yang sesuai ketentuan, sebaiknya tidak menggunakan foto selfie.
  4. Perhatikan juga tanggal batas waktu penyampaian terakhir dari pendaftaran yang ada.
  5. Sebaiknya pilih instansi yang akan dilamar, sesuai  riwayat jurusan pendidikan yang telah diambil.
  6. Perhatikan dan baca dengan baik, serta pahami Buku Petunjuk Pendaftaran SSCN, yang sudah didownload sebelumnya.
  7. Sebaiknya catat alamat e-mail dan juga password, yang Anda gunakan pada saat mendaftar, agar tak lupa ketika melakukan login kelak.
  8. Selalu pantau kabar selanjutnya secara real time. Apabila diterima cetak Kartu Ujian SSCN.
  9. Siapkan juga diri dengan baik, guna mampu dan sukses ketika mengisi tes hingga akhir, dan  diterima menjadi CPNS.

Jadilah PNS yang profesional dan amanah

Jadilah PNS yang profesional dan amanah
Photo by Austin Distel on Unsplash

Yang perlu diingat disini adalah, untuk mendaftar di situs yang dimaksud, hanya dapat dilakukan, ketika saat pendaftaran CPNS dibuka. Anda tentu tahu, bahwa saat ini tidak setiap tahun pendaftaran CPNS ini dibuka. Jadi walaupun Anda saat ini belum berhasil, setidaknya Anda tahu, bagaimana cara mendaftar di website BKN tersebut. Dengan mengetahui tata cara daftar CPNS tersebut di SSCN.BKN.go.ig, seperti ini. Setidaknya Anda jadi lebih tenang.

Tidak hanya itu, ketika Anda sedang melakukan proses pendaftaran, sebaiknya siapkan berbagai macam dokumen yang dibutuhkan. Agar semuanya dapat berjalan secara cepat, dan sebagaimana mestinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.