Cawe-cawe Menteri di Munas Golkar Bahayakan Jokowi

by

in
Cawe-cawe Menteri di Munas Golkar Bahayakan Jokowi

Karyono Wibowo

Jakarta, Jurnas.com – Sekelompok pejabat di lingkaran Istana ditengarai ikut bermain dalam pertarungan calon ketua umum Partai Golkar pada Munas X, 3-6 Desember 2019.

Bahkan empat menteri Jokowi, masing-masing Mensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita disebut mempengaruhi pemilik suara di Munas untuk memilih Airlangga Hartarto.

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute Karyono Wibowo menilai, langkah menteri kabinet ini tidak ideal, karena pemerintah seharusnya bersikap netral.

Jika tidak netral, jelas Karyono, maka bisa saja menimbulkan kekecewaan kepada faksi yang ada di tubuh partai berlambang pohon beringin itu. Di mana, saat ini seluruh kader Golkar menaruh kepercayaan kepada Presiden Jokowi.

“Sebaiknya dan idealnya Presiden mestinya netral. Jangan sampai kemudian muncul kekecewaan dari faksi yang ada di dalam Golkar,” kata Karyono kepada wartawan, Senin (2/12/2019).

Dia mengingatkan, jika sudah ada yang kecewa, maka bisa menyebabkan gejolak politik berkepanjangan.

“Kalau ada yang kecewa, bisa menimbulkan gejolak politik. Meskipun, tidak terlalu besar. Ini menimbulkan kegaduhan politik, kebisingan politik, kegaduhan publik,” tukasnya.

Bahkan, masih kata Karyono, jika rasa kekecewaan akibat manuver para menteri dan Jokowi dalam mendukung salah satu pasangan calon, kemudian menimbulkan perpecahan, maka yang jelas dirugikan adalah pemerintah. Dalam hal ini Jokowi sendiri.

“Secara tidak langsung Presiden dirugikan, karena Golkar adalah partai pendukung pemerintahan,” tegasnya.

Sebelumnya, menteri Jokowi disebut turun tangan untuk memastikan kemenangan Airlangga Hartarto dalam Munas Golkar.

Mereka disebut-sebut berperan mengumpulkan para DPD I Partai Golkar. Para pemilik suara di Munas itu dikumpulkan di Hotel Keraton, Jalan MH Thamrin, Jakarta belum lama ini. 34 DPD I Golkar dikabarkan hadir.

TAGS : Munas X Partai Golkar Airlangga Hartarto

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/63255/Cawe-cawe-Menteri-di-Munas-Golkar-Bahayakan-Jokowi/