Cendikiawan Muslim Kecewa Umat Islam Dunia Tak Menekan China

by

in
Cendikiawan Muslim Kecewa Umat Islam Dunia Tak Menekan China

Muslim Uighur di China

Doha, Qatar – Sekelompok cendekiawan Muslim Uighur berasal dari provinsi Xinjiang di China mendesak negara-negara mayoritas Muslim untuk menekan China agar mengakhiri “perang budaya” melawan rekan-rekan etnis mereka.

Selama kunjungan ke ibukota Qatar, Doha, para pemimpin dari Masyarakat Muslim Cendekiawan Muslim Timur Turkistan (SMSET) yang berbasis di Turki menuduh Beijing terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia sistematis terhadap warga Uighur dalam upaya menghapus warisan budaya dan agama mereka.



“Pemerintah China melancarkan perang budaya terhadap rakyat kami dengan mencoba memaksa kami untuk meninggalkan kepercayaan Muslim kami dan warisan kami untuk menjadi ateis dan komunis seperti masyarakat China mayoritas,” kata Abdel Khaleq Uighur dari SMSET pada Selasa (19/3).

Pada Januari, China mengeluarkan undang-undang baru yang berusaha “mendamaikan” Islam dalam lima tahun ke depan, langkah terbaru Beijing untuk menulis ulang bagaimana agama itu dipraktikkan.

Baca juga :

Tidak ada negara Muslim besar yang secara terbuka mengutuk China atas tuduhan penahanan massal etnis Uighur dan etnis minoritas Muslim lainnya kecuali Turki, yang menyerukan agar China menutup kamp-kamp itu. Beijing menyebut kamp-kamp itu “pusat pendidikan ulang”.

Jalan Sutra Kuno

Etnis Uighur, yang tanah kelahirannya berada di jantung Jalan Sutra kuno, mengatakan Beijing menganggap kehadiran mereka sebagai penghambat perkembangan ekonomi dan ekspansi ke arah barat melalui Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) andalannya.

Diluncurkan pada 2013, dorongan investasi besar-besaran bertujuan untuk membiayai dan membangun infrastruktur di sekitar 80 negara di seluruh dunia, termasuk di Timur Tengah dan sebagian Eurasia.

“Dengan kereta api berkecepatan tinggi dan perkembangan transportasi darat yang ditingkatkan lainnya, China berusaha untuk mempromosikan perdagangan darat dan laut secara simultan antara China dan Timur Tengah,” kata Wang Jian, profesor sejarah dan ekonomi politik internasional di Akademi Ilmu Sosial Shanghai, dalam makalah yang diterbitkan pada 2017.

Mohamad Mahmoud, dari SMET, berpendapat bahwa janji-janji China akan kekayaan besar dan pembangunan ekonomi dari proyek-proyek BRInya mencegah negara-negara mayoritas Muslim mengatasi tindakan keras terhadap warga Uighur.

“Saya berharap bahwa negara-negara Muslim dapat mengatasi ketakutan mereka terhadap China dan mengatasi pelanggaran HAM beratnya terhadap komunitas kami,” katanya.

Menurut laporan Amnesty 2018, melakukan pameran agama dan budaya yang terbuka atau bahkan pribadi, termasuk menumbuhkan janggut, mengenakan jilbab atau jilbab, salat, puasa atau menghindari alkohol, atau memiliki buku atau artikel tentang Islam atau budaya Uighur dapat dianggap “ekstremis” di bawah peraturan tersebut.

Pekan lalu, pemerintah China menerbitkan makalah kebijakan yang panjang menguraikan dan mempertahankan kebijakannya terhadap Uighur sebagai langkah “deradikalisasi”. Koran itu mengakui penangkapan 13.000 Muslim Uighur sejak 2014.

Menanggapi klaim pemerintah tentang “terorisme dan radikalisme” di wilayah itu, Mahmoud mengatakan klaim pemerintah China itu tidak benar.

“Rakyat kami tidak mencari pemisahan dan tidak ada terorisme atau pemberontakan bersenjata di Turkistan Timur,” katanya.

“Satu-satunya terorisme di wilayah ini berasal dari pemerintah Cina sendiri,” tambah Mahmoud.(Al Jazeera)

TAGS : Cendikiawan Muslim Etnis Uighur Muslim Dunia

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/49906/Cendikiawan-Muslim-Kecewa-Umat-Islam-Dunia-Tak-Menekan-China/