China Balas Budi, Satu Truk Alat Medis Dikirim ke Malaysia

0
China Balas Budi, Satu Truk Alat Medis Dikirim ke Malaysia

Satu truk peralatan medis dari China untuk Malaysia (Foto: Facebook Kedubes China untuk Malaysia)

Kuala Lumpur, Jurnas.com – China mengirimkan pasokan alat medis pertama ke Rumah Sakit Sungai Buloh di negara bagian Selangor, Malaysia pada Kamis (19/3) kemarin.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Kedutaan Besar China di Malaysia memposting foto sebuah truk yang membawa kotak-kotak persediaan medis tersebut.

“Aksi tanpa penundaan! Tahap pertama alat medis dari Kedutaan Besar China sedang menuju Rumah Sakit Sungai Buloh,” kata kedutaan dilansir dari Channel News Asia pada Jumat (20/3).

Bendera China dan Malaysia terlihat menempel pada puluhan kardus berisi alat medis tersebut, disertai dengan label bertuliskan pepatah melayu “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.

Sebuah spanduk di atas truk juga bertuliskan pepatah yang berbunyi, “bukit sama didaki, lurah sama dituruni”.

Kedua frasa tersebut merujuk pada pentingnya persatuan, kerja tim, dan saling mendukung melalui kesulitan.

Bantuan untuk China ini datang setelah pemerintah Malaysia mengirimkan 18 juta sarung tangan medis kepada petugas kesehatan di Wuhan, lokasi awal penyebaran Covid-19.

Di tengah penyebaran global Covid-19, China juga telah mengirimkan bantuan ke negara lain. Pada Selasa lalu, Beijing mengirim lebih dari 2.000 alat tes cepat Covid-19 ke Kamboja, menurut kantor berita Xinhua.

Juru bicara kementerian kesehatan Kamboja juga menyebut akan menerima barang-barang yang sebelumnya pernah disumbangkan ke China, seperti pakaian pelindung, masker wajah medis dan peralatan akan muncul kemudian.

China juga mengatakan siap membantu Indonesia memerangi penyebaran virus corona. Menurut laporan Xinhua, Duta Besar China untuk Indonesia mengatakan bahwa negara itu akan memberikan bantuan sebanyak mungkin untuk Indonesia.

Dalam beberapa pekan terakhir, China juga telah menyumbangkan ratusan ribu masker bedah dan alat tes ke Filipina dan Pakistan, mengirim tim medis ke Iran dan Irak, dan memperpanjang pinjaman US$500 juta untuk membantu Sri Lanka memerangi virus.

Adapun mengenai wabah Covid-19 yang mencengkeram Eropa, Presiden China Xi Jinping berjanji akan memberikan bantuan kepada Italia dan Spanyol yang saat ini menjadi negara yang paling terpukul.

TAGS : China Virus Corona Covid-19 Alat Medis Malaysia

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/69245/China-Balas-Budi-Satu-Truk-Alat-Medis-Dikirim-ke-Malaysia/

Leave A Reply

Your email address will not be published.