Citilink Sukses Uji Coba Terbang di Bandara Internasional Yogyakarta

by

in
Citilink Sukses Uji Coba Terbang di Bandara Internasional Yogyakarta

Menjelang penerbangan secara komersil pada Senin (6/5/2019), maskapai Citilink berhasil melakukan proving flght atau uji terbang di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulonprogo, Kamis (2/5/2019).

Kulon Progo, Jurnas.com – Menjelang penerbangan komersial perdana pada Senin (6/5/2019) dengan rute Halim Perdanakusuma di Jakarta (HLP) – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Citilink melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) – YIA pada Kamis (2/5/2019).

Citilink dengan pesawat Airbus A320-214 dan nomor penerbangan QG3361 sukses mendarat di landas pacu (runway) 11 YIA pada pukul 12.03 WIB yang bertolak dari CGK. Kemudian pesawat sukses lepas landas kembali ke CGK pada pukul 13.40 WIB.

Proving flight adalah proses uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai untuk mengoperasikan sebuah rute baru, dalam hal ini kaitannya dengan pengoperasian bandara baru.

Proving flight ini dipimpin oleh Capt. Agus Setiono yang didampingi Capt. Teguh Kristiono dan Capt. Muh. Ali Imron, serta perwakilan dari Direktorat Kelayakan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

“Kesuksesan proving flight ini merupakan bukti kesiapan infrastruktur sisi udara Bandara Internasional Yogyakarta yang mendukung keselamatan dan keamanan pengoperasian penerbangan komersial,” kata Direktur Teknik PT Angkasa Pura I (Persero) Lukman F. Laisa.

Setelah proving flight ini berlangsung, Citilink akan mengoperasikan rute penerbangan komersial ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP) sebanyak 3 kali seminggu mulai Senin, 6 Mei 2019. Menyusul Citilink, penerbangan komersial selanjutnya yang rencananya akan beroperasi adalah Batik Air dengan tujuan Samarinda, Palangkaraya, dan Cengkareng mulai 15 Mei 2019.

Sisi udara (airside) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) sudah siap 100 persen dengan panjang runway 3.250 meter, lebar 45 meter, dan shoulder (bahu runway) 15 meter di setiap sisi. Spefisikasi runway ini mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380. Adapun fasilitas Penyelamatan Kecelakaan Pesawat – Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di YIA masuk ke dalam Kategori 8.

Di sisi darat (landside), terminal seluas 12.900 meter persegi sudah dapat digunakan, dari total 210.000 meter persegi pada saat full operation akhir 2019 nanti. Di terminal penumpang tersebut tersedia 12 konter check-in, 2 x-ray, 2 walk through metal detector (WTMD), 400 kursi tunggu, 6 konter imigrasi di kedatangan dan keberangkatan, serta 2 bag conveyor belt.

Adapun fasilitas standar pelayanan bandara lainnya yang sudah tersedia yaitu signage, konter informasi, flight information display system, announcement, informasi transportasi lanjutan, customer service dengan tenaga yang berasal dari warga lokal Kulon Progo, Tourist Information Center, lounge difable, toilet difabel, lift difabel, drop zone difabel, 132 tenaga facilities care, nursery room, kid zone_, reading corner, troli sebanyak 400 unit.



TAGS : Yogyakarta International Airport YIA Citilink Kulon Progo

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52001/Citilink-Sukses-Uji-Coba-Terbang-di-Bandara-Internasional-Yogyakarta/