Contoh Pertanyaan Beserta Jawaban Interview Kerja

0

Interview kerja di PT atau sebuah perusahaan, atau juga tempat kerja lainnya adalah salah satu tahap yang harus dilalui oleh para pelamar kerja, selain mendaftar kerja di berbagai perusahaan, tahap psikotes, dan yang lainnya. Tahap interview ini dinilai sangat penting, karena ini adalah tahap yang akan akan menentukan apakah Anda diterima atau tidak di perusahan tersebut, selain psikotes.

Banyak dari para para pelamar yang merasa gugup dan khawatir, ketika melakukan sesi interview. Takut akan jawaban yang diberikan, kurang maksimal hingga membuat pihak perusahaan tidak menerimanya. Kondisi seperti ini, yang pastinya akan mengurangi rasa percaya diri dan konsentrasi seseorang. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mencari dan mempelajari rata-rata pertanyaan yang paling sering diajukan, ketika sesi wawancara berlangsung. Dengan mengenal serta mempelajari pertanyaan yang sering di tanyakan saat interview dan jawabannya, hasilnya Anda dapat dengan mudah melakukan sesi wawancara tersebut. Secara umum, sesi wawancara akan dibagi menjadi 3 komponen utama. Berikut ini adalah komponen beserta contoh pertanyaan interview dan jawaban, yang sebaiknya Anda pelajari, antara lain :

 

Tentang diri Anda 

Biasanya ada di sesi pembuka wawancara, pihak pewawancara akan menanyakan tentang data pribadi Anda. Disini pihak pewawancara akan menciptakan suasana bersahabat, langsung dan serius. Anda sebagai pihak yang diwawancara, harus dapat menjawab setiap pertanyaan dengan bersungguh-sungguh, guna menarik perhatian pihak pewwancara dan membuat suasana menjadi cair.

  1. Pertanyaan pertama, umumnya Anda diminta untuk menceritakan tentang diri sendiri

Dalam hal ini, Anda sebaiknya menjawab secara lugas dan jelas, tentang nama, sekolah, masih bekerja atau tidak, sejak tahun berapa.

Usahakan agar jawaban yang ada, tidak memancing pertanyaan yang menyulitkan, hanya cukup katakan seperlunya, seperti yang diminta. Jujur apa adanya.

  1. Apakah Anda berminat pada ilmu manajemen, dan kenapa memilihnya ?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang harus dijawab secara tegas. Berikut lengkapi dengan alasan mengapa Anda menyukai studi tersebut.

  1. Apakah ada aktivitas lainnya di luar kampus ?

Misalnya saja, Anda bekerja paruh waktu saat kuliah, mengikuti pelatihan tertentu, dan yang lainnya. Jika ada maka sebutkan berikut alasannya, demikian pula jika tidak ada.

  1. Siapa yang membayar biaya kuliah Anda ?

Misalnya saja, selama kuliah Anda memperoleh beasiswa dari program tertentu, dan jelaskan berikut alasannya. Atau juga jika tidak ada, ceritakan juga pada pihak pewawancara, termasuk profesi orang tua.

  1. Berapa bersaudara Anda di antara keluarga, ceritakan juga keluarga Anda ?

Disini Anda akan menceritakan tentang posisi diri sendiri di dalam keluarga, dan kondisi keluarga, seperti adik yang masih bersekolah atau yang lainnya.

  1. Rencana Anda 2 hingga 3 tahun kedepan ?

Pada waktu ini, Anda akan menceritakan tentang jangka waktu 2 hingga 3 tahun ke depan. Misalnya saja ingin bebas finansial, mampu membantu keuangan keluarga, membantu membiayai sekolah adik-adik, keinginan untuk sekolah S2, dan yang lainnya, untuk membantu meningkatkan karir Anda.

  1. Memiliki atau tidak, keterampilan lain selain ilmu manajemen ?

Apabila Anda mempunyai keterampilan lain, sebaiknya sebutkan, mulai dari kursus bahasa asing, kemampuan menggunakan perangkat komputer, menjabat di salah satu kegiatan sekolah atau yang lainnya.

  1. Sikap profesional menurut Anda ?

Disini Anda sebaiknya menjelaskan tentang bagaimana memposisikan diri, dalam setiap tanggung jawab yang ada. Mampu memilah kepentingan individu dan kepentingan perusahaan, serta tidak mencampurkan kedua kepentingan tersebut.

  1. Makna hidup untuk Anda ?

Menjelaskan tentang makna hidup bagi Anda. Misalnya saja hidup adalah untuk mencari sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

  1. Makna pekerjaan bagi Anda ?

Misalnya saja Anda akan mengatakan bahwa pekerjaan yang ada, tidak hanya semata untuk mencari uang, atau bahkan jabatan. Namun juga berkarya serta berkontribusi secara terbaik di tempat tersebut.

 

Kemampuan dan pengalaman anda

Kemampuan dan pengalaman anda
https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis

Dalam sesi ini, pihak pewawancara akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menguji kemampuan, pengalaman dan kualifikasi Anda, untuk perusahaan tersebut. Tentunya masing-masing pertanyaan akan disesuaikan dengan posisi jabatan dari si pelamar itu sendiri. Berikut adalah beberapa pertanyaan, dan juga cara menjawab interview kerja secara tepat.

  1. Sebutkan kelebihan dan kekurangan Anda ?

Sebutkan berbagai kelebihan dan kekurangan Anda secara jelas, singkat dan tepat. Misalnya saja kekurangan Anda adalah sering lupa, namun biasanya diatasi dengan cara mencatat pada buku saku atau yang lainya, sedangkan kelebihan Anda misalnya mampu beradaptasi dengan lingkungan secara cepat.

  1. Tentang hubungan Anda dan rekan kerja di perusahaan yang ada ?

Dalam hal ini Anda akan menceritakan tentang posisi atau jabatan, dan bagaimana cara Anda menjalin pekerjaan dan menangani setiap permasalahan yang ada. Contohnya, ketika Anda mempunyai masalah dengan salah satu staff, maka Anda akan mengatasinya dengan cara berdiskusi, dan mencari jalan keluar terbaik.

  1. Apakah Anda lebih suka bekerja sendiri atau dalam tim ?

Dalam hal ini, Anda dapat bercerita tentang secara personal. Contohnya Anda suka bekerja sendiri, namun Anda juga dapat bekerja sama secara tim, untuk menyelesaikan beberapa jenis pekerjaan tertentu.

  1. Apabila Anda dalam tim, maka posisi apa yang dipilih ?

Contohnya saja Anda saat ini bekerja sebagai BM atau Branch Manager. Dimana Anda lebih memilih sebagai konseptor, agar mampu merencanakan strategi yang akan diambil, serta mendata siapa saja, yang dibutuhkan sesuai kebutuhan. Dapat mengidentifikasi hambatan yang ada, bahkan membuat aneka ukuran serta target yang harus dicapai.

  1. Bersedia bekerja di bawah tekanan ?

Disini Anda dapat menjawab, dengan adanya tekanan, terutama dari diri sendiri ketika bekerja, mampu membantu serta meningkatkan kemampuan yang ada.

  1. Bagaimana Anda memandang kritik untuk diri sendiri dan mengatasinya ?

Jawabannya tentu mudah. Jika kritik tersebut baik dan mampu membangun pribadi jadi lebih baik. Tidak ada salahnya menerima kritikan tersebut, baik itu dari siapapun. Tapi jika kritik tersebut tidak baik, tentunya akan diabaikan.

  1. Seperti apa orang yang sulit diajak kerja sama menurut Anda ?

Dalam hal ini, Anda dapat menjawab, seseorang yang sulit diatur, orang yang tidak mau belajar, banyak alasan, tidak dapat diandalkan, dan juga orang yang suka menggunjing teman atau orang lainnya.

  1. Apa yang akan dilakukan, jika bawahan Anda melakukan kesalahan ?

Tidak ada salahnya jika Anda menjawab, bahwa pertama-tama, tidak akan menyalahkan, atau bahkan menyerang, melainkan akan menganalisa, dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Mengingat siapapun orangnya pasti pernah melakukan kesalahan. Jadi tidak ada salahnya jika memaafkan dan memberikan kesempatan berikutnya.

  1. Ketika Anda menjadi seorang atasan, dan ada seorang bawahan yang ingin mengeluhkan masalah pribadi, apa yang akan dilakukan ?

Sudah tentu, ada kalanya seorang atasan, harus dapat mengerti keluh kesan bawahannya, termasuk di dalamnya mendengarkan masalah pribadi, dan bukan hanya masalah pekerjaan. Khusus untuk masalah pribadi, tidak ada salahnya jika memberikan saran yang berguna, tanpa harus ikut campur pada masalah tersebut secara mendalam.

  1. Apabila dalam pekerjaan, Anda menghadapi sebuah masalah yang besar, apa yang akan dilakukan ?

Jawaban yang dapat diberikan adalah, dengan mencari sumber masalah yang ada. Kemudian menentukan bagaimana cara menyelesaikannya. Terakhir, buat strategi pencegahan agar masalah tersebut tidak terulang kembali.

  1. Mengapa Anda ingin pindah dari pekerjaan saat ini ?

Jika pertanyaan ini muncul, jawaban yang dapat diberikan, tidak lain adalah, Anda ingin mengembangkan potensi diri sendiri, termasuk dalam berbagai hal. Tidak ada salahnya untuk mengupgrade tantangan serta tanggung jawab yang lebih besar. Dalam hal ini Anda berpikir bahwa perusahaan yang sedang dimasuki sekarang adalah perusahaan besar, dengan tantangan yang lebih besar.

  1. Apakah ada yang salah, dengan pekerjaan Anda sebelumnya ?

Misalnya Anda dapat menjawab, bahwa ketidak teraturan jam kerja yang ada, bahkan bisa kerja dari pagi hingga pagi lagi. Walaupun posisi Anda dalam hal ini adalah BM, dan berhak mengambil keputusan. Tapi masalah pembagian jam kerja ini, sudah ditentukan oleh manajemen pusat.

  1. Apa Anda pernah tidak masuk kerja ?

Pernah, dan hal ini terjadi dalam kondisi yang benar-benar darurat, yang menyebabkan Anda langsung menghubungi pihak kantor, dan meminta izin.

  1. Apakah Anda bersedia kerja lembur?

Tidak ada salahnya jika menjawab, bahwa Anda bersedia, selama hal tersebut, sudah ada dalam kebijakan perusahaan.

  1. Apakah menurut Anda, perusahaan ini menarik bagi Anda ?

Anda dapat berkata “Perusahaan ini, mencari kualifikasi yang sesuai dengan kemampuan dan bidang yang saya miliki. Tidak hanya itu pengalaman yang ada, juga termasuk kriteria perusahan yang sedang dicari. Jadi sudah pasti, saya dapat berkontribusi dalam membantu mengembangkan perusahaan”.

  1. Dari mana anda mengenal perusahaan tersebut ?

Anda dapat menjawab “Saya mengenal perusahaan ini, dari berbagai macam produk yang dikeluarkan, serta dari banyaknya teman yang membicarakan perusahaan ini. Tidak hanya itu, saya juga sering melihat iklan perusahaan di berbagai media massa ternama di Indonesia”.

  1. Apa perbedaan perusahaan ini dengan perusahan lain yang sejenis menurut Anda ?

Disini Anda dapat menjelaskan, bahwa dari sisi kualitas produk dan juga strategi branding, dari setiap produk yang dibuat, rata-rata mampu menguasai pasar dengan baik.

  1. Rencana 4 hingga 5 tahun kedepan, jika bergabung dengan perusahaan ?

Jika diterima, maka Anda akan memaksimalkan penjualan produk dengan membuka berbagai outlet baru dan tersebar di seluruh penjuru kota.

  1. Apakah Anda siap menerima tanggung jawab besar ?

Tentu saja siap, menerima tanggung jawab besar, secara tidak langsung mampu memacu diri sendiri jadi lebih baik.

 

Tentang hak dan kewajiban ketika anda diterima, seperti komitmen dan gaji

Tentang hak dan kewajiban ketika anda diterima, seperti komitmen dan gaji
https://www.navigatehk.com/home/2019/2/7/dont-sign-that-contract-a-guide-to-teaching-contracts

Dalam sesi wawancara yang satu ini, Anda akan ditanya tentang seputar gaji, atau lebih tepatnya melakukan negosiasi tentang berapa gaji yang diminta. Umumnya pertanyaan yang akan diberikan seputar gaji yang pernah diterima di perusahaan sebelumnya, gaji yang diharapkan di perusahaan tersebut, bagaimana jika gaji yang akan diberikan oleh perusahaan kali ini lebih besar dari sebelumnya. Sebagai jawaban pada sesi wawancara kali ini, sebaiknya berikan jawaban yang jujur, dan pastinya Anda butuhkan.

Dengan mengerti tata cara interview yang baik maka Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan yang ada dengan baik pula.

Leave A Reply

Your email address will not be published.