Covid-19 Terkendali, Indonesia Harus Cegah Gelombang Ketiga

by

in

JawaPos.com – Indonesia disebut baru saja melewati second wave atau puncak kedua pandemi pada Juli lalu. Sebab tren penurunan kasus Covid-19 makin melandai tiap hari ditandai dengan angka positivity rate di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 5 persen. Akan tetapi, masyarakat diminta jangan lengah dan tetap waspada gelombang ketiga atau second wave.

Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut perkembangan Indonesia yang cukup terkendali saat ini harus dipertahankan secara maksimal agar Indonesia tidak masuk ke dalam third wave seperti yang dialami beberapa negara. Tugas besar sekarang adalah mempertahankan kurva yang tengah melandai ini.

“Terdapat 2 pelajaran utama menjadi catatan kita,” kata Prof Wiku secara virtual baru-baru ini.

Pertama adalah menjaga protokol kesehatan seiring pembukaan aktivitas sosial ekonomi masyarakat. Bila mempelajari perkembangan varian delta yang terbukti lebih cepat menular baik di negara asalnya India dan Indonesia, menunjukkan butuh waktu di kedua negara untuk mencapai fase lonjakan.

Di India, varian delta muncul sejak September 2020, namun lonjakan terjadi pada April 2021. Sementara di Indonesia varian delta ditemukan pada Januari 2021, namun lonjakan terjadi pada Juli 2021. Ini menandakan bahwa lonjakan kasus terjadi bukan semata-mata karena varian Delta, tetapi akibat aktivitas sosial ekonomi masyarakat yang tidak diimbangi dengan prokes ketat.

“Apabila kita mampu membatasi aktivitas sosial ekonomi, maka dampak dari varian tidak akan melonjak signifikan,” jelasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani, ARM


Credit: Source link