Di Hadapan Anindya Bakrie, Para Menteri Ungkap Peran Strategis Kadin

JawaPos.com – Para menteri bidang perekonomian Kabinet Indonesia Maju membeberkan peran strategis dari Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Peran itu sangat terasa sekali dalam memerangi pandemi covid-19 agar perekononian nasional kembali bangkit.

Pernyataan itu diungkapkan di hadapan Wakil Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie yang menggelar Silaturahim Nasional (Silatnas) secara daring dan luring pada Jumat malam (28/5).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa Kadin adalah salah satu dari mitra pemerintah dalam upaya perang melawan covid-19. Mengutip Presiden Joko Widodo, Airlangga mengatakan, saat ini Indonesia berada di situasi yang luar biasa. Sehingga, Pemerintah membutuhkan sinergi dan kemitraan dengan semua pihak, termasuk Kadin.

“Kadin merupakan mitra dari pemerintah. Arahan dari Presiden Jokowi kemarin, kita dalam situasi luar biasa, perang melawan covid-19,” kata Airlangga dalam sambutannya di hadapan ratusan anggota Kadin daerah dan asosiasi/himpunan pengusaha anggota Kadin.

Selain Airlangga, terlihat hadir juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Sedangkan menteri yang hadir secara virtual adalah Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudiin Uno.

Dalam pidato malam itu, Airlangga memberikan sinyal mendukung Anindya Bakrie untuk maju sebagai ketua umum Kadin periode 2021-2026. “Jadi jelas tadi, targetnya Indonesia Emas. Dan kita semua paham,” kata ketua umum Partai Golkar itu.

Senada dengan itu, Luhut Pandjaitan mengajak Kadin untuk terus mendukung program-program pemerintah dalam upaya pemajuan ekonomi. Saat ini Indonesia adalah negara industri masa depan yang lining kepada energi baru terbarukan. “Sehingga saya titip teman-teman Kadin, ayo kita mulai lari ke energi baru terbarukan,” ajak Luhut.

Luhut menegaskan, Pemerintah selalu siap membantu Kadin untuk memajukan Indonesia. “Kadin adalah partner Pemerintah. Saya harap Kadin itu betul-betul kompak memberikan bakti kepada bangsa dan negara ini,” ujar Luhut.

Pendapat serupa juga dilontarkan Sandiaga Uno. Dalam pidatonya, Sandiaga percaya bahwa Kadin mampu menggerakkan perekonomian dan melahirkan lapangan kerja.

Baca juga: Menperin Agus: KADIN Butuh Pemimpin yang Tegas

Sementara itu, Anindya Bakrie menegaskan bahwa Kadin adalah mitra strategis pemerintah. Da bersama Kadin berkomitmen mendukung Pemerintah dalam upaya memerangi covid-19 dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Kadin mempunyai peran dan fungsi yang diatur di Undang-Undang no. 1 tahun 1987 untuk menjadi mitra strategis Pemerintah,” kata Wakil Ketua Umum Kadin itu.


Credit: Source link