Di tengah Pandemi, Festival Film Indonesia 2020 Digelar Daring

0
Di tengah Pandemi, Festival Film Indonesia 2020 Digelar Daring

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tetap menggelar Festival Film Indonesia (FFI) 2020, yang sudah dilaksanakan rutin setiap tahun.

Namun karena tahun ini ada bencana pandemi Covid-19, Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru Ditjen Kebudayaan Kemdikbud mengubah konsep penyelenggaraannya menjadi daring (online).

“Pandemi telah mengajarkan kita untuk tetap bergerak dan berdaya, melihat segala peluang dengan memadukan kreativitas dan menyebarkannya lewat teknologi,” kata Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam konferensi pers FFI 2020 via konferensi video pada Selasa (16/6).

Mendikbud menambahkan, film Indonesia telah menjadi bagian dari hidup masyarakat. Selama 2019, terdaftar ada 158 film cerita panjang berkualitas. Jumlah tersebut belum termasuk film pendek, dokumenter, animasi, dan film eksperimental lainnya.

“Film Indonesia sudah menjadi bagian dari hidup kita dan menjadi sumber inspirasi, terutama dalam menghadapi situasi sulit. Perannya sangat penting dalam menjaga kita agar tetap optimis dan bahagia,” imbuh Mendikbud.

Pelaksanaan FFI 2020 yang tahun ini bertemakan `Satu Hari Satu Hal Baik Film Indonesia`, lanjut Mendikbud, diharapkan juga bisa menjadi media pemajuan kebudayaan.

“Dengan gotong royong kreativitas, perfilman Indonesia pasti bisa melalui masa sulit ini dan bangkit menjadi lebih maju lagi,” terang dia.

Sementara aktor kawakan Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI 2020 menyebut pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat juang para pekerja seni, untuk menghadirkan film berkualitas.

“Sangat penting tetap mengadakan FFI walaupun di situasi pandemi Covid–19, karena justru pada saat seperti ini, semangat kita harus terus menyala dan tidak boleh berhenti berkarya,” kata Lukman.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, agenda utama FFI 2020 meliputi penjurian, peluncuran, malam nominasi, malam penganugerahan, dan pemutaran film.

Sementara inovasi baru dalam pelaksanaan FFI 2020 ini ialah akademi film yang sarat unsur pendidikan, dan konser musik film.

Rangkaian FFI 2020 akan berlangsung sampai Desember 2020, dengan penganugerahan Piala Citra sebagai puncak acara.

TAGS : Festival Film Indonesia FFI 2020 Kemdikbud

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/73867/Di-tengah-Pandemi-Festival-Film-Indonesia-2020-Digelar-Daring/

Leave A Reply

Your email address will not be published.