Disinfektan Berbahan Alami Ini Aman Bagi Pernapasan

indopos.co.id – Semprotan disinfektan kerap dikeluhkan, karena wanginya yang menyengat dan menyesakan pernapasan. Bahan kimia yang terkandung dalam cairan disinfektan tersebut berbahaya bagi mereka yang memiliki anak. Terutama anak-anak yang memiliki alergi pernapasan.

Disinfektan yang ada di pasaran selama ini memiliki komposisi yang tidak ramah untuk pernapasan anak-anak karena mengandung bahan kimia berbahaya. Padahal, banyak sekali bahan-bahan natural dari alam yang bisa diformulasikan bersama menjadi bahan antiseptik. Yang aman bagi anak-anak, ibu hamil, menyusui dan mereka yang memiliki alergi pernapasan.

Salah satu bahan alami yang bersifat antibakteri adalah kayu manis. Menurut penelitian dari Swinburne University of Technology oleh Dr. Sanjida Topa menuturkan, sudah banyak studi tentang kayu manis sebagai essential oil yang dapat berperan sebagai pelindung anti-bakteri.

Senyawa Cinnamaldehyde (CAD) yang ada dalam aroma dan citarasa kayu manis yang unik, ternyata dapat menerobos biofilms. Biofilms sendiri adalah lapisan pelindung yang dibangun oleh bakteri untuk menyerang sistem imun kita melalui infeksi. Selain itu, kayu manis sendiri memiliki khasiat anti-fungal atau anti-jamur.

Lalu lemon sendiri memiliki karakter dapat menurunkan pH dalam lingkungan sehingga siklus hidup bakteri tidak dapat bertahan dalam pH yang rendah. Jika lemon dan kayu manis di formulasikan menjadi satu sebagai antiseptik dalam disinfektan.

CEO/ Owner Beauty Barn Welly Ng mengatakan, saat ini sulit untuk menemukan produk disinfektan yang aman bagi pernapasan. Di tengah banyak serbuan produk impor, produk Beauty Barn merupakan brand lokal Indonesia yang memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan utamanya.

“Beauty Barn mengeluarkan Vir-O sebagai produk disinfektan yang aman untuk pernapasan anak-anak, ibu hamil dan menyusui,” ujar Welly Ng dalam keterangan di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Menurutnya, Vir-O tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya, seperti hydrogen peroxide, phthalates sebagai bahan pewangi dan tidak menggunakan alkohol tinggi. “Dengan kandungan lemon dan kayu manis, Vir-O bisa menjadi pilihan yang aman bagi kesehatan pernapasan kita,” katanya.

Dikatakan Welly Ng, untuk pemakaian jangka panjang Vir-O tidak menyebabkan efek samping negatif bagi kesehatan dan nyaman bagi pernapasan. Dan diyakini penggunaan Vir-O adalah bagian penerapan protokol kesehatan.

“Kita harus mempertimbangkan apakah produk-produk yang kita gunakan berbahan natural atau tidak? Karena itu penting untuk menjaga kesehatan,” ungkapnya.
(mdo)

 

Credit: Source link