Donald Trump Sebut WHO Sebagai Boneka China

0
Donald Trump Sebut WHO Sebagai Boneka China

Presiden AS Donald Trump menghadiri Piknik Kongres di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, DC, pada 21 Juni 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuding Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai “boneka” China.

Trump juga mengatakan dirinya mempertimbangkan untuk memangkas atau membatalkan dukungan yang biasa diberikan AS pada lembaga kesehatan yang berbasis di Jenewa, Swiss itu.

“Mereka adalah boneka China, mereka China-sentris untuk membuatnya lebih bagus,” kata Donald Trump di Gedung Putih, seperti dikutip AFP, Selasa (19/5/2020).

Menurut Trump, Amerika Serikat menyumbang sekitar US$ 450 juta atau sekitar RP 6,7 triliun (kurs RP 15.000/dolar) setiap tahun kepada WHO. Jumlah kontribusi itu merupakan yang terbesar dibandingkan pemberian dari negara pendonor lainnya.

Sementara itu China hanya menyumbang sekitar US$ 40 juta per tahun, jelas Trump.

Namun, Trump mengatakan ingin mengurangi pembiayaan AS karena WHO tidak menjalankan tugasnya dengan benar. Trump bahkan menyebut AS bisa saja menyamakan pendanaannya dengan nominal China karena “beberapa orang berpikir itu terlalu banyak”.

“Mereka (WHO) memberi kita banyak nasihat buruk,” kata Trump.

Pernyataan Trump itu disampaikan di saat WHO mengadakan pertemuan tahunan pertamanya sejak pandemi virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan, China itu melanda dunia.

Pandemi COVID-19 telah menginfeksi 4.885.740 orang per Selasa pukul 06:30 WIB. Sebanyak 319.827 orang di antaranya telah meninggal dunia dan 1.903.134 sembuh, menurut Worldometers.

TAGS : Donald Trump WHO China

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/72584/Donald-Trump-Sebut-WHO-Sebagai-Boneka-China/

Leave A Reply

Your email address will not be published.